'Bang Jani' Terobosan Baru Pemkab Bangkalan, Siapkan Laptop hingga Warung untuk Kebutuhan Petani

Mengenal 'Bang Jani', terobosan baru Pemkab Bangkalan. Siapkan laptop hingga warung untuk kebutuhan petani.

'Bang Jani' Terobosan Baru Pemkab Bangkalan, Siapkan Laptop hingga Warung untuk Kebutuhan Petani
SURYA/AHMAD FAISOL
Bupati Bangkalan RK Abd Latif Amin Imron didampingi Ketua TP-PKK Bangkalan sekaligus Ketua DPP perempuan Tani HKTI Bangkalan Ny Zaenab Zuraidah Latif memperkenalkan Bang Jani kepada masyarakat petani di Desa Karang Gayam Kecamatan Blega, Rabu (29/1/2020). 

TRIBUNMADURA.CO, BANGKALAN - Terobosan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Bangkalan dengan konsep Bangun Bangkalan Sejahterakan Petani (Bang Jani) tidak tanggung-tanggung.

Data pertanian mulai data kelompok tani, luas lahan, hingga infrastruktur akan tersimpan dan perkembangan akan di-upgrade di Laptop Bang Jani.

"Laptop Bang Jani merupakan salah satu dari tujuh strategi dalam menjalan konsep Bang Jani," ungkap Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabuaten Bangkalan Ir Puguh Santoso kepada TribunJatim.com, Rabu (29/1/2020).

Waspada! Membeli dan Mengendarai Motor Bodong di Bangkalan Diancam Hukuman 4 Tahun Penjara

Strategi kedua, dijelaskan Puguh, pihaknya menyiapkan Warung Bang Jani untuk mewadahi semua produk pertanian.

"Baik warung manual dan dalam bentuk warung secara manual maupun secara online," jelasnya.

Ia memaparkan, keberadaan Warung Bang Jani akan didukung dengan Teras (Terampil Bersama Petani) Bang Jani yang diplot sebagai strategi ketiga dalam pengembangan konsep Bang Jani.

Dalam Teras Bang Jani, lanjutnya, para petugas dan petani harus saling meningkatkan keterampilan dan bergerak selaras secara bersama.

"Kami lanjutkan dengan Kebun Bang Jani. Pemkab mempunyai kebun bibit pertanian di Desa Langkap (Burneh) yang kami dorong menjadi agrowisata edukasi," paparnya.

Di dalam agrowisata edukasi tersebut, pihaknya akan menyuguhkan pengunjung dengan zona wisata petik buah, petik sayur, area permainan anak, wisata selfie hingga wisata kolam pancing.

REAKSI Polda Jatim di Kasus Ustaz Bangkalan Tak Haramkan Sabu: Jadi Keprihatinan & Perlu Hal Konkret

Halaman
12
Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved