Breaking News:

Presiden Jokowi Bakal Hadiri Puncak Peringatan Hari Konsumen Nasional 2020 di Surabaya

Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto meluncurkan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2020 dan memperkenalkan logo dan maskot Harkonas 2020.

TRIBUNJATIM.COM/SOFYAN ARIF CANDRA
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto didampingi Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak meluncurkan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2020 dan memperkenalkan logo dan maskot Harkonas 2020 di Kantor Gubernur Jawa Timur, Jalan Pahlawan, Surabaya, Jumat (31/1/2020). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto meluncurkan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2020 dan memperkenalkan logo dan maskot Harkonas 2020 di Kantor Gubernur Jawa Timur, Jalan Pahlawan, Surabaya, Jumat (31/1/2020).

Acara ini sekaligus dalam rangka menyambut peringatan puncak Harkonas yang akan digelar pada 30 Maret 2020 mendatang di Lapangan Kodam V Brawijaya yang akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Agus Suparmanto menjelaskan, logo dan maskot Harkonas 2020 ini diluncurkan lebih awal sebagai sarana publikasi dan promosi kepada masyarakat.

Selain itu, logo dan maskot ini merupakan identitas bagi masyarakat dan menjadi alat
pemberdayaan perlindungan konsumen.

Dirundung Galau karena Putus Cinta, Pria Kota Batu Minum Pestisida, Ditemukan Sekarat di Tulungagung

Pria Tulungagung Ini Ngaku Anggota BIN Bisa Masukkan Orang Jadi PNS dengan Uang Pelicin Rp 40 Juta

Komisi IX DPR RI Apresiasi Program Pemkot Terkait Pengendalian Penduduk dan Ketahanan Keluarga

Ketakutan Orang Tua Pada Anaknya yang Tinggal di Wuhan, Khawatir Virus Corona, Sering Video Call

Polisi Bongkar Jaringan Sabu dan Pil Koplo dari Lapas Jawa Timur

Logo Harkonas 2020 dibuat dengan menggabungkan perisai dan gambaran dua tangan manusia yang mengepal.

"Logo perisai yang menyerupai otak manusia melambangkan konsumen harus cerdas dan bijak dalam melindungi diri," jelas Agus Suparmanto dalam sambutannya.

Sedangkan, maskot Harkonas 2020 digambarkan dengan bentuk binatang lumba-lumba yang menggunakan ikat kepala Jawa Timur (udeng) bermotif batik Surya Majapahit.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menjelaskan lumba-lumba merupakan lambang binatang sosial yang cerdas dan berkemampuan, bertenaga, berakal, dan berdaya melindungi diri dari ancaman.

"Maskot berbentuk lumba-lumba berarti sudah saatnya konsumen berdaya dan berkemampuan bertindak untuk mengatasi masalah. Sedangkan, udeng merupakan simbolisasi tempat diselenggarakannya Harkonas 2020 yaitu di Provinsi Jawa Timur," imbuh Menteri Perdagangan.

Maskot tersebut awalnya diberi nama Enda yang merupakan kepanjangan Konsumen Berdaya. Karena bertempat di Surabaya maka ditambah Cak, sehingga menjadi "Cak Enda".

Halaman
12
Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Elma Gloria Stevani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved