Gus Sholah Meninggal Dunia

PWNU Jatim akan Gelar Doa Bersama untuk Almarhum Gus Sholah

PWNU Jawa Timur rencananya akan menggelar doa bersama untuk mendoakan KH Salahuddin Wahid atau yang akrab disapa Gus Sholah.

ahmad Zaimul Haq/suraya
KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) saat memberi tausiah pada penganjian di kediaman Khofifah Indar Parawansa beberapa waktu lalu. Gus Sholah berpulang pada Minggu (2/2/2020) di RS Harapan Kita Jakarta. 

 TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur rencananya akan menggelar doa bersama untuk mendoakan KH Salahuddin Wahid atau yang akrab disapa Gus Sholah.

Rencananya, doa bersama tersebut akan dilakukan pada Selasa (4/2/2020) mendatang.

Berdasarkan penjelasan Sekretaris Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, Akhmad Muzakki, doa bersama akan menjadi salah satu rangkaian pada acara Bedah Buku 'Menjerat Gusdur' yang dilakukan di Kantor PWNU Jatim di hari tersebut. Acara tersebut rencananya akan menghadirkan ribuan warga NU.

"Pada Selasa mendatang akan ada acara besar menghadirkan dua ribu lebih warga NU. Pada momentum itu, akan juga dirangkai acara mendoakan bersama untuk Almarhum Gus Sholah," kata Profesor Muzakki.

Selain ribuan warga NU, acara Bedah Buku tersebut menghadirkan sejumlah tokoh penting. Di antaranya, Virdika Rizky Urtama sebagai penulis buku 'Menjerat Gus Dur'.

Kemudian, pemateri lainnya adalah KH Yahya Cholil Staquf (Jubir Presiden KH Abdurrahman Wahid), KH Anwar Iskandar (Anggota MPR 1999-2004), hingga Hermawan Sulistyo (Pengamat Politik LIPI). Bertindak sebagai moderator adalah Profesor Muzakki.

Gus Sholat Wafat, PWNU Jatim Sampaikan Duka Cita, Ungkap Kondisi Kesehatan Terakhir

Gus Sholah Wafat, Gubernur Khofifah Ucapkan Belasungkawa Sebut Sosoknya Paket Lengkap Negarawan

Pemilik Akun Facebook yang Diduga Menghina Risma Digiring ke Mapolrestabes Surabaya

Selain doa bersama dengan ribuan warga NU, perwakilan PWNU Jatim rencananya juga akan langsung melayat ke Pondok Pesantren Tebuireng di Jombang, kediaman Gus Sholah.

"Kami juga akan ke Jombang," katanya kepada Tribunjatim.com.

Untuk diketahui, Salahuddin Wahid atau yang akrab disapa Gus Sholah meninggal dunia, Minggu (2/2/2020). Meninggalnya adik KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur ini meninggalkan dukan mendalam bagi Nahdlatul Ulama (NU).

"Inna lillahi wa inna ilaihi ra'jiun. Keluarga NU berduka. Kami kehilangan tokoh besar NU, Gus Sholah," kata Sekretaris Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, Akhmad Muzakki kepada Surya.co.id ketika dikonfirmasi di Surabaya, Minggu (2/2/2020).

Muzakki menjelaskan kepergian Gus Sholah pada malam hari. "Beliau meninggal dunia pada pukul 20.55," katanya.

PWNU Jatim menyampaikan duka mendalam atas kepergian Gus Sholah. "Beliau tokoh besar NU, tokoh besar bangsa," katanya.

"Beliau selau menunjukkan komitmen kuat untuk bangsa, negara,dan agama. Beliau selalu hadir pada berbagaimomen penting bangsa ini," katanya.

"Kami merasa kehilangan sekali atas kepergian beliau. Mudah-mudahan Allah memberikan tempat terbaik atas jasa beliau selama hidup," kata Muzakki. (Bob/Tribunjatim.com)

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved