Kenang Perjuangan Penyebar Ajaran Islam Nusantara di Gresik, Ratusan Anggota GP Ansor Konvoi di Laut

Ratusan kader dan pengurus Pimpinan GP Ansor Kabupaten Gresik menggelar konvoi keliling pantai Gresik.

Kenang Perjuangan Penyebar Ajaran Islam Nusantara di Gresik, Ratusan Anggota GP Ansor Konvoi di Laut
(surya/Sugiyono)
Pengurus PC GP Ansor Kabupaten Gresik bersama anggota menggelar konvoi di pantai laut Gresik. Hal itu untuk mengenang perjuangan penyiar ajaran Islam di Nusantara khususnya di Gresik, Sabtu (8/2/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Ratusan kader dan pengurus Pimpinan GP Ansor Kabupaten Gresik menggelar konvoi keliling pantai Gresik.

Kegiatan itu untuk menjaga perairan laut sebagai pintu masuk penyebaran Islam Nusantara khususnya di Gresik, Sabtu (8/2/2020).

Konvoi dimulai di Balai Keling, Jalan RE Martadinata, Kelurahan Kroman, Kecamatan Gresik, dipimpin langsung Ketua PC GP Ansor Kabupaten Gresik dengan peserta masing-masing pengurus PAC GP Ansor se Kabupaten Gresik.

Konvoi tersebut melibatkan belasan perahu nelayan untuk konvoi menyisir pantai Gresik sejauh puluhan kilo dengan dikawal kapal Polairud Polres Gresik.

"Kegiatan ini untuk memperingati Harlah NU ke 94 dan napak tilas penyebaran Islam Kota Wali Gresik serta mengenang pejuang Islam di wilayah pesisir Utara Pantai Gresik," kata Agus Junaidi Hamzah kepada Tribunjatim.com.

PENGAKUAN Anak Ibu Muda yang Tewas Ditusuk di Kamar Kos Surabaya, Ada Om Masuk Pakai Helm

Heboh, Penemuan Mayat Perempuan Nyangkut Semak di Sungai Konto Jombang

Siswi SMA di Trenggalek Minum Cairan Pembersih Lantai, Saat Ditemukan Wajahnya Sayu, Diduga Tertekan

Selain itu, konvoi maritim ini untuk menguatkan Kader Ansor untuk menjadi kader maritim, sehingga bisa membantu Polair dan para nelayan untuk menjaga laut dan ajaran Islam di wilayah Pantai Utara Gresik.

"Ini pertama kegiatan Banser maritim, kerjasama dengan Polairud. Harapannya, teman-teman Ansor Banser bisa ikut menjaga perairan dan ajaran-ajaran Islam di wilayah pesisir Gresik," imbuhnya kepada Tribunjatim.com.

Sementara seorang peserta Konvoi Maritim, mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat, selain menambah pengalaman juga mengenang perjuangan wali songo dalam menyebarkan ajaran Islam.

"Di Gresik ini ada Wali Songo, yaitu Sunan Syeh Maulana Malik Ibrahim dan Sunan Giri. Ada juga saudagar Islam Siti Fatimah binti Maimun dan Yai Ageng Arem-arem," kata Giono, anggota Banser Kecamatan Benjeng. (Sugiyono/Tribunjatim.com)

Penulis: Sugiyono
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved