Angin Kencang yang Landa Kota Blitar Akibatkan 4 Rumah Tertimpa Pohon, Kerugian Capai Rp 87 Juta

Angin Kencang yang Landa Kota Blitar Akibatkan 4 Rumah Tertimpa Pohon, Kerugian Capai Rp 87 Juta.

Angin Kencang yang Landa Kota Blitar Akibatkan 4 Rumah Tertimpa Pohon, Kerugian Capai Rp 87 Juta
SURYA/SAMSUL HADI
Petugas membersihkan batang pohon yang tumbang di Jalan Sumatera, Kota Blitar, Jumat (7/2/2020). 

Angin Kencang yang Landa Kota Blitar Akibatkan 4 Rumah Tertimpa Pohon, Kerugian Capai Rp 87 Juta

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Jumlah total kerugian materiil akibat peristiwa angin kencang yang terjadi di Kota Blitar beberapa hari lalu mencapai Rp 87 juta.

Kerugian materiil itu dialami beberapa warga yang rumahnya tertimpa pohon tumbang ketika terjadi peristiwa angin kencang.

"Kami sudah melakukan pendataan terkait kerugian akibat peristiwa angin kencang di Kota Blitar. Tidak ada korban jiwa, hanya kerugian materiil yang nilainya sekitar Rp 87 juta," kata Kepala Bakesbangpol dan PBD Kota Blitar Hakim Sisworo, Minggu (9/2/2020).

Razia Tempat Hiburan di Blitar, Polisi Temukan Kafe dan Karaoke Tak Berizin, Miras Pun Disita

Polisi Razia Tempat Karoke di Blitar, Pengunjung Dicek Identitas dan Dites Urine

DLH Kota Blitar Acuhkan Usulan Warga, Pohon Besar di Jalan Sumatera Akhirnya Roboh Tutup Akses Jalan

Hakim mengatakan, dari pendataan petugas total ada 14 kejadian akibat peristiwa angin kencang. Dari total kejadian itu, sebanyak 11 peristiwa merupakan pohon tumbang dan ranting pohon patah.

Dari 11 peristiwa pohon tumbang, sebanyak tiga kejadian kondisi batang pohon menimpa rumah warga. Pohon tumbang yang menimpa rumah warga satu berada di Jl Sumatera dan dua berada di Kelurahan Tanjungsari, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar.

Peristiwa pohon tumbang di Jl Sumatera menimpa dua rumah warga. Sedangkan pohon tumbang di Kelurahan Tanjungsari menimpa rumah dan dapur milik warga. "Ada juga atap rumah warga yang rontok diterjang angin kencang," ujarnya.

Dikatakan Hakim, selain pohon tumbang juga ada dua dinding ambruk ketika terjadi peristiwa angin kencang. Dinding yang ambruk itu, pagar Kampus Unisba Blitar dan dinding di atas talud di Jl Simpang Sumatera.

"Dinding pagar di Kampus Unisba yang ambruk menimpa dua mobil. Tapi, kondisi mobil hanya mengalami rusak ringan," katanya.

Menurut Hakim, warga yang rumahnya rusak akibat tertimpa pohon tumbang akan mendapat bantuan dari Pemkot Blitar melalui Dinas Perumahan Rakyat.

"Ada dana bantuan untuk perbaikan rumah warga yang rusak akibat angin kencang. Teknisnya di Dinas Perumahan Rakyat," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, hujan deras disertai angin kencang menyapu wilayah Kota Blitar, Jumat (7/2/2020). Angin kencang membuat sejumlah pohon di wilayah Kota Blitar tumbang.

Seperti terlihat di Jl Sumatera, Kota Blitar. Pohon berukuran besar yang berada di pinggir jalan tumbang melintang di jalan raya. Pohon itu juga menimpa teras dua rumah di lokasi.

Penulis : Samsul Hadi

Editor : Sudarma Adi

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved