Siswa SMP Ponpes Mambaus Sholihin Blitar Kembali Raih Juara Kompetisi Robotik di Malaysia

Sejumlah siswa SMP Ponpes Mambaus Sholihin, Desa Sumber, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, kembali meraih juara lomba robotik tingkat internasiona

Siswa SMP Ponpes Mambaus Sholihin Blitar Kembali Raih Juara Kompetisi Robotik di Malaysia
Surya/samsul hadi
Tim robotik SMP Ponpes Mambaus Sholihin diarak naik mobil jip menuju ke Ponpes Mambaus Sholihin, Selasa (11/2/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Sejumlah siswa SMP Ponpes Mambaus Sholihin, Desa Sumber, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, kembali meraih juara lomba robotik tingkat internasional.

Sebanyak 12 siswa meraih juara satu dan juara dua di lima dari tujuh kategori lomba robotik di Malaysia.

Prestasi itu bukan yang pertama kali diraih siswa SMP Ponpes Mambaus Sholihin. Sebelumnya, empat siswa SMP Ponpes Mambaus Sholihin juga menjuarai turnamen Osaka Robotic Games 2017 yang diselengarakan di Osaka Jepang pada 28 Oktober-2 November 2017.

Tim robotik SMP Mambaus Sholihin tiba di Blitar, Selasa (11/2/2020). Kedatangan mereka disambut meriah oleh para guru, siswa, dan santri di Ponpes Mambaus Sholihin.

Pembina Tim Robotik SMP Mambaus Sholihin, Yasroni Indralogi mengatakan kompetisi World Robotic For Peace diselenggarkan di Malaysia pada 7-8 Februari 2020. Kompetisi itu diikuti 10 negara termasuk Indonesia.

Ada tiga kelas dalam kompetisi itu, yakni, kelas SD, SMP, dan SMA. Tim robotik SMP Mambaus Sholihin mengikuti kompetisi untuk kelas SMP. Untuk kompetisi di kelas SMP ada tujuh kategori. Dari tujuh kategori itu, tim robotik SMP Mambaus Sholihin menjadi juara satu dan juara dua di lima kategori.

Lucinta Luna Ditangkap Polisi Terkait Dugaan Penyalahgunaan Narkoba, Hasil Tes Urine Positif

Terima Aspirasi Gubernur Sulsel, Ketua DPD RI, LaNyalla Diminta Kajati Bantu Kawal Pembangunan

Diminta Beber Kisah di Balik Lagu Dear Diary, Maia Ngegas Bahas Mulan Jameela, Judika-Anang Heboh

"Kami mendapat juara satu di tiga kategori dan juara dua di dua kategori. Karena mendapat paling banyak medali, kami menjadi juara umum di kompetisi itu," katanya kepada Tribunjatim.com.

Tim Robotik SMP Ponpes Mambaus Sholihin meraih tiga juara di kategori Soccer Close, Soccer Junior Class, dan Line Follower. Sedang tim robotik Ponpes Mambaus Sholihin meraih dua runner up di kategori Sumo dan Amfibious Solar Vehicle.

"Kami mempersiapkan tim untuk mengikuti kompetisi ini sejak Oktober 2019," ujarnya.

Dikatakannya, sebenarnya juga ada undangan mengikuti kompetisi robotik di Singapura. Tetapi, karena ada kasus virus korona, tim memutuskan mundur mengikuti kompetisi robotik di Singapura.

Halaman
12
Penulis: Samsul Hadi
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved