Prihatin Petani Tewas Kena Jebakan Tikus Listrik, Pria Madiun Ini Buat Pengusir Tikus Tenaga Surya

Istiraharjo, pria asal Desa Mlilir Kabupaten Madiun berinovasi buat alat pengusir tikus bertenaga surya. Tak membahayakan petani.

Prihatin Petani Tewas Kena Jebakan Tikus Listrik, Pria Madiun Ini Buat Pengusir Tikus Tenaga Surya
SURYA/RAHARDIAN BAGUS
Yanto petani asal Desa Nglames, Kecamatan Nglames, Kabupaten Madiun menunjukkan alat pengusir tikus bertenaga surya yang dipasang ditengah-tengah sawah miliknya, Kamis (13/2/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Serangan tikus yang menyerang sawah petani di Kabupaten Madiun menginspirasi Istiraharjo untuk mencipatakan sebuah alat pengusir tikus yang aman bagi manusia.

Sebelumnya, para petani terpaksa memasang jebakan tikus menggunakan aliran listrik yang sebenarnya juga membahayakan nyawa petani. 

Pasalnya gegara jebakan tikus beraliran listrik itu, sejumlah petani tewas jadi korban. 

Tak Terekam di Video Viral, Reaksi Wanita Madura yang Ditelanjangi Pria Dibongkar Saksi, ke Barat

Skandal Nikah Siri Komandan TNI & Istri Orang Terkuak, Suami Sang Wanita Tak Terima, Bui Mengancam

Prihatin melihat situasi tersebut, Istiraharjo, pria asal Desa Mlilir, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun ini, membuat sebuah alat pengusir tikus bertenaga surya yang tidak membahayakan manusia.

Setelah melakukan riset selama setahun, Raharjo bersama rekannya, seorang pemerhati pertanian, Haji Imron, menciptakan alat pengusir tikus bertenaga surya.

Selain tak membahayakan manusia, alat pengusir tikusnya yang dapat mengeluarkan gelombang ultrasonic ini diklaim ramah lingkungan, karena bertenaga surya.

“Kami telah berhasil menciptakan mesin pengusir tikus yang ramah lingkungan dengan menggunakan panel surya. Panel surya itu dirubah menjadi tenaga gelombang ultrasonik untuk mengusir tikus dalam radius hingga satu hektar,” kata Raharjo, Kamis (13/2/2020) kemarin.

Susunan Tim Putra Indonesia di Perempat Final Kejuaraan Beregu Asia 2020, Marcus/Kevin Istirahat

Seniman Kuda Lumping di Malang Tewas Ditusuk Orang Tak Dikenal, Pelaku Kabur, Polisi Turun Tangan

Alat ciptaannya ini mampu mengusir tikus dalam radius sekitar satu hektar. Meski demikian, kata Raharjo, agar alat ini dapat bekerja maksimal, sawah yang dipasangi alat ini sebaiknya jauh dari pemukiman warga.

Sebab, apabila alat ini dipasang berdekatan dengan pemukiman warga, alat pengusir tikus ini hanya dapat bekerja efektif dalam radius setengah hektar atau empat petak.

Raharjo menuturkan, bila alat ini disetting untuk dapat berfungsi maksimal, warga yang bermukim di dekat sawah akan terganggu dengan suaranya.

Download Lagu MP3 Teman Tapi Cinta Atta Halilintar Lengkap dengan Lirik dan Video Klip

Halaman
123
Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved