Harapan Disnakkan Pasca Pengurus Baru Paravetindo Dilantik : Wujudkan Swasembada Ternak di Blitar

Pengurus baru Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Paramedik Veteriner dan Inseminator Indonesia (Paravetindo) Blitar Raya periode 2020-2025 dilantik

TRIBUNJATIM.COM/SAMSUL HADI
Suasana pelantikan pengurus baru DPC Parvetindo Blitar Raya periode 2020-2025, Kamis (20/2/2020) 

Harapan Disnakkan Pasca Pengurus Baru Paravetindo Dilantik : Wujudkan Swasembada Ternak di Blitar

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Pengurus baru Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Paramedik Veteriner dan Inseminator Indonesia (Paravetindo) Blitar Raya periode 2020-2025 dilantik, Kamis (20/2/2020).

Pengurus baru DPC Paravetindo ini diharapkan dapat membantu mewujudkan swasembada ternak di Kabupaten Blitar.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Blitar, Adi Andaka mengatakan, 62 tenaga inseminator dan 29 tenaga paramedik (mantri hewan) di Kabupaten Blitar.

Jakmania dan Bonek Nobar Final Piala Gubernur Jatim 2020 Persebaya Vs Persija di Polres Blitar Kota

Plt Wali Kota Santoso: Blitar Sudah Kondusif, Aktivitas Warga Normal, Terima Kasih Pemprov Jatim

Total Kerugian Akibat Bentrok Antar Kelompok Suporter di Kota Blitar Mencapai Rp 254 Juta

Para tenaga kepeternakan ini, diwajibkan memiliki Surat Izin Praktek Paramedik (SIPP).

SIPP ini diperlukan sebagai bukti kompetensi untuk melayani peternak menciptakan kesehatan hewan ternak. Hal itu sesuai dengan Permentan Nomor 3 Tahun 2019 tentang Pelayanan Jasa Medik Veteriner.

Peraturan ini ditujukan untuk menyampaikan pemahaman bagi paramedis di bidang peternakan. Khususnya bagi petugas kesehatan hewan tentang prosedur pengajuan izin pelayanan medik dan paramedik veteriner.

"Organisasi profesi ini dibutuhkan untuk rekomendasi izin. Ini merupakan momentum supaya ada kolaborasi antara dokter hewan dengan paramedik sehingga di lapangan tidak ada masalah. Peternak akan terbantu dalam meningkatkan hasil peternakannya," kata Adi Andaka.

Dalam acara itu, Disnakkan Kabupaten Blitar juga mensosialisasikan Perbup No 57 Tahun 2019 tentang Pelayanan Jasa Medik Veteriner. Perbup itu sebagai formula baru untuk memantapkan para veteriner yang bertugas di Kabupaten Blitar.

Adi berharap pengurus yang baru dilantik supaya segera berkonsolidasi secara internal maupun eksternal. Serta segera membuat program kerja yang dibutuhkan demi kemajuan peternakan di Kabupaten Blitar.

Halaman
12
Penulis: Samsul Hadi
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved