Komentari Ucapan Kontroversi Ketua BPIP 'Agama Musuh Pancasila', Cak Angga:Pancasila Penuh Toleransi

Sutjipto Joe Angga menyebut, jika Pancasila tidak bermusuhan dengan agama, begitu pula sebaliknya agama tidak bermusuhan dengan pancasila.

Komentari Ucapan Kontroversi Ketua BPIP 'Agama Musuh Pancasila', Cak Angga:Pancasila Penuh Toleransi
ISTIMEWA
Pernyataan kontroversial dari ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi yang mengatakan bahwa agama adalah musuh pancasila memantik respon dari berbagai pihak. Satu di antara respon itu datang dari tokoh politisi yang juga seorang pengusaha, Sutjipto Joe Angga. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Aqwamit Torik

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pernyataan kontroversial dari ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi yang mengatakan bahwa agama adalah musuh pancasila memantik respon dari berbagai pihak.

Satu di antara respon itu datang dari tokoh politisi yang juga seorang pengusaha, Sutjipto Joe Angga.

Sutjipto Joe Angga menyebut, jika Pancasila tidak bermusuhan dengan agama, begitu pula sebaliknya agama tidak bermusuhan dengan pancasila.

Sutjipto Joe Angga beranggapan bahwa nilai Pancasila justru bersumber dari nilai-nilai keagamaan yang menjadi ideologi Pancasila.

"Indonesia ini negara kesepakatan, yang artinya negara ini bersumber pada nilai-nilai agama, walau tidak menjadi negara agama," jelas pria yang akrab disapa Cak Angga itu, Sabtu (22/2/2020).

Harga Gula di Jatim Naik Melebihi HET Rp 12.500/Kilogram, DPRD Jatim: Pemain Gula Kan Itu-itu Saja

Dua Gadis Surabaya Ditabrak Isuzu Panther, Satu di Antaranya Patah Tulang, Pengemudi Masih Diperiksa

Polisi Amankan Dua Orang Terkait Kasus Pembunuhan Janda Kaya Pemilik Rumah Kos di Tulungagung

Sambil Menangis! Susilo Bambang Yudhoyono Ungkap Alasan Bangun Museum dan Galeri SBY-Ani di Pacitan

Purnawan Buchori-Indri Kuswati Serahkan 13.224 Syarat Dukungan Perseorangan ke KPU Kota Blitar

Survei ITS, Whisnu Sakti Punya Popularitas dan Elektabilitas Tertinggi: Turun ke Bawah Menyapa Warga

Sutjipto Joe Angga menambahkan, pada sila pertama dari Pancasila yang berbunyi Ketuhanan yang maha esa, sudah sangat jelas bahwa agama memberikan nafas pada seluruh sila yang lain.

Selain itu, Cak Angga menyebutkan, bahwa Indonesia tidak memberlakukan hukum agama, namun negara melindungi pemeluk agama untuk menjalankan ibadahnya.

"Pancasila merupakan ideologi yang paling cocok bagi corak rakyat Indondesia yang Bhinneka. Pancasila meniscayakan masing-masing pemeluk agama di Indonesia menjalankan agamanya tanpa saling mengganggu dan penuh toleransi,” ujar alumni West London College, Inggris itu.

Sutjipto Joe Angga mencontohkan, Presiden Soekarno sudah menjadikan Pancasila sebagai ideologi yang tentu saja melalui realitas rakyat yang beragam dalam banyak aspek, termasuk aspek agama.

Halaman
12
Penulis: Aqwamit Torik
Editor: Elma Gloria Stevani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved