Tarik Minat Wisatawan Mancanegara dengan Konsep Desa Wisata, Potensi Alam Jadi Unggulan Kota Batu

Konsep Desa Wisata yang selama ini digagas oleh Pemkot Batu diharapkan bermanfaat untuk masyarakat. Nurochman sebut potensi alam unggulan Kota Batu.

SURYA/BENNI INDO
Dua wisatawan dari Kabupaten Sidoarjo mengunjungi ladang bunga matahari di Desa Pandanrejo. Ladang matahari merupakan salah satu potensi alam yang menjadi tujuan favorit wisatawan. 

TRIBUNJATIM.COM, BATU – Konsep Desa Wisata yang selama ini digagas oleh Pemkot Batu diharapkan betul-betul bisa bermanfaat untuk masyarakat.

Pimpinan DPRD Batu Nurochman mengatakan, alam yang ada di Kota Batu merupakan potensi unggulan untuk menarik minat wisatawan, terutama wisatawan dari mancanegara.

“Apalagi keinginan wali kota dan wakilnya itu pemberdayaan. Termasuk ada wisata internasional. Nah, karakteristiknya ya alam kita ini. Kalau wisata artificial, di negara mereka sudah lebih baik. Maka desa wisata, potensi alam itu harus menjadi unggulan di kebijakkan pemerintah daerah,” ujar Nurochman saat menghadiri RPJMD di Balaikota Among Tani, Senin (24/2/2020).

Polisi Nikahi Adik Ipar, Dulu Viral Gendong Anak Sambil Jaga Kotak Suara, Ada Makna Mahar Rp100 Juta

Niat Tolong Putrinya Lagi Kontraksi, Ayah-Anak di Surabaya Kompak Diadili, Terjerat Praktik Aborsi

Mengacu pada visi dan misi kepala daerah Kota Batu, maka sudah seyogianya potensi alam di Kota Batu harus diperhatikan dengan baik. Hal tersebut, kata Nurochman harus bisa diimplementasikan di RPJMD.

“Satu yang menjadi stressing kami, kalau memang visi dan misi ingin ada desa berdaya maka kegiatan kongkrit yang bersentuhan langsung dengan masyarakat harus ada. Ini salah satu pilihan yang harus dilembagakan eksekutif. Jangan kemudian pilihan wisatanya ke artificial, potensi yang ada di desa layak untuk diangkat,” tegasnya.

Nurochman mengatakan, anggota DPRD Batu sudah memberikan banyak saran kepada Pemkot Batu melalui mekanisme pokok pikiran atau  Pokir. Politisi PKB ini berharap, kerjasama eksekutif dengan legislatif bisa berjalan harmonis demi kebaikan Kota Batu.

Ayah Zahra Naik Motor dari Surabaya ke Sleman saat Dengar Putrinya Jadi Korban Susur Sungai Sempor

Jalang Laga Perdana Liga 1 2020 Vs Persik Kediri, Persebaya Matangkan Taktik

“Ini kebutuhan real sehingga hubungan partnership ideal dan harmonis. Kita sama-sama mengimplementasi kebutuhan masyarakat di dalam program. Tidak kemudian APBD ini menjadi domainnya eksekutif saja,” tegasnya.

Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso dalam forum konsultasi publik rancangan awal perubahan RPJMD 2017-2022 dan RKPD 2021 mengatakan, penyelarasan program dengan kebutuhan masyarakat sangat penting untuk segera diterapkan. Kolaborasi dengan stakeholder lainnya juga perlu untuk ditingkatkan.

"Kegiatan ini merupakan penyelarasan program Pemkot Batu seiring dengan adanya beberapa perubahan yang signifikan. Baik dari masyarakat, pokir dewan, termasuk kondisi Kota Batu,” katanya.

Sempat Takut, Bek Madura United Jaimerson Senang Jadi Model di Launching Kompetisi Shopee Liga 1

Dikatakan Punjul, di atau tahun ketiga kepemimpinan Dewanti Rumpoko dan dirinya, diungkapnya ada beberapa perubahan.

Misalnya pembangunan kereta gantung yang awalnya hanya direncanakan sebelah selatan atau jalan kembar namun berubah lebih panjang. Lainnya adalah pembangunan pasar.

"Begitu juga untuk peningkatan desa wisata di Kota Batu karena desa wisata menjadi daya tarik bagi wisatawan luar daerah dan luar negeri," kata Punjul.

Penulis: Benni Indo

Editor: Heftys Suud

Penulis: Benni Indo
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved