Pemkab Bojonegoro Targetkan Tanam 500 Ribu Pohon, Bupati Anna Muawanah Ajak Warga Lestarikan Alam

Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah melakukan penanaman pohon di Desa Glagahan, Kecamatan Sugihwaras peringati HPSN.

TRIBUNJATIM.COM/M SUDARSONO
Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah melakukan penanaman pohon dalam rangka hari peduli sampah nasional (HPSN), Kamis (27/2/2020) 

TRIBUNJATIM.COM, BOJONEGORO - Peringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020, Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah melakukan penanaman pohon di Desa Glagahan, Kecamatan Sugihwaras, Kamis (27/2/2020).

Mengusung semangat Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (DAS) dan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional yang diperingati setiap 21 Februari, orang nomor satu di Bojonegoro itu ajak warga menjaga kelestarian alam.

Hal itu untuk menjaga kelestarian hidup yang seimbang sejak dini.

"Kami mengajak kepada segenap warga untuk menjaga kelestarian alam," kata Bupati Anna Muawanah seusai penanaman pohon.

Dijelaskannya, dalam kurun waktu lima tahun dan yang sudah berjalan saat ini, Pemkab melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menargetkan 500 ribu pohon yang akan tersebar dan tertanam di seluruh wilayah Bojonegoro.

Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah melakukan penanaman pohon dalam rangka hari peduli sampah nasional (HPSN), Kamis (27/2/2020)
Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah melakukan penanaman pohon dalam rangka hari peduli sampah nasional (HPSN), Kamis (27/2/2020) (TRIBUNJATIM.COM/M SUDARSONO)

Pemkab telah membangun Plantation area pembibitan pohon di Desa Sukowati, Kecamatan Kapas pada 2018 dan saat ini sudah mencapai 50 ribu bibit pohon di atas lahan 2,3 hektare.

 

Sedangkan untuk tahun 2021 ke depan, Pemkab Bojonegoro mencanangkan menambah tanaman pohon dengan melibatkan masyarakat Desa di lingkup RT untuk ditanam di area lingkungannya.

"Kita akan terus lakukan penanaman pohon, 2021 targetnya bisa tanam di tingkat RT Se Kabupaten Bojonegoro," pungkasnya.

Sementara itu, Perwakilan Cabang Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jatim Wilayah Bojonegoro, Purnomo menyatakan, Gerakan Nasional Pemulihan DAS merupakan inisiasi Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang dicanangkan mulai tahun 2018 lalu.

Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pemulihan hutan dan lahan, guna penyelamatan sumber daya air, produktifitas lahan, perubahan iklim dan pencegahan bencana hidrometeorologi.

"Ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo, dalam penanganan lahan kritis harus dilakukan dengan cara yang komperhensif dengan prinsip keterpaduan, pekerjaan penanaman, pembangunan bangunan phsycoteknik, pembibitan tanaman, dan mengaktifkan seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi," tutupnya.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Bojonegoro juga memberikan bantuan seperangkat alat kebersihan dan bibit pohon kepada Kepala Desa Glagahan.

Turut hadir dalam penanaman yaitu Wakil Bupati Bojonegoro Budi Irawanto, Kepala Bakorwil Bojonegoro, Forkopimda, Cabang Dinas Kehutanan Prov Jatim, Kepala Balai Pengelolaan DAS Dan HL Solo, Sekda, OPD, Administratur KPH Padangan, Parengan, Cepu, Forkopimcam, LMDH Dan Kades Se-Kec Sugihwaras.

Penulis: M Sudarsono

Editor: Heftys Suud 

Penulis: M Sudarsono
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved