Arab Saudi Tangguhkan Visa Umrah, Lion Air Stop Layanan Penerbangan Umrah dari 13 Kota di Indonesia

Pemerintah Arab Saudi menangguhkan sementara izin visa umrah maupun ziarah ke Masjid Nabawi. Imbasnya, Lion Air menghentikan sementara penerbangannya

ISTIMEWA
ILUSTRASI pesawat Lion Air. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pemerintah Arab Saudi menangguhkan sementara izin visa umrah maupun ziarah ke Masjid Nabawi.

Hal ini dilakukan guna mengantisipasi menyebarnya virus Corona di Arab Saudi.

Imbasnya, sejumlah penerbangan dari Indonesia menuju Arab Saudi dibatalkan.

Arab Saudi Cegah Virus Corona dengan Stop Umrah, Begini Tanggapan Nahkoda Baru Imigrasi Surabaya

Satu di antaranya Lion Air menghentikan sementara semua layanan penerbangan umrah dari 13 kota. 

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, pemberhentian layanan sementara ini berlaku mulai Jumat (28/2/2020) sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.

"Mulai hari ini (28/2/2020), Lion Air resmi menghentikan sementara (suspend) semua layanan penerbangan umrah dari 13 kota keberangkatan dari Indonesia ke Arab Saudi sampai pemberitahuan lebih lanjut (until further notice)," katanya.

Isi Buku Tahlil Ashraf Sinclair, Dibuat Secara Khusus, Perhatikan Desainnya, Lihat Nama Asli Noah

Perasaan Jujur Ayah Ashraf Sinclair Sorot Penampilan BCL di Konser Ronan Keating, Doa Pak Mat Haru

Ia mengatakan, penundaan sementara itu dilakukan sesuai dengan pemberitahuan resmi dari pihak regulator Kerajaan Arab Saudi - General Authority of Civil Aviation (GACA) Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia dan surat edaran Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara tentang Penghentian Sementara Rute Penerbangan ke Saudi Arabia.

Berdasarkan kebijakan itu pula, dikatakan Danang, Lion Air tunduk dan melaksanakan seluruh aturan penerbangan internasional, regulator dan ketentuan perusahaan dalam menjalankan operasional.

Sesuai dengan standar operasional prosedur yang memenuhi kualifikasi aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan (safety first).

Arab Saudi Larang Umrah Sementara, Kemenang Kabupaten Sumenep Harap Tetap Berangkat: Tunggu Pusat

"Keputusan penghentian penerbangan sementara ini kan juga dilakukan dalam rangka tindakan preventif dan proaktif guna mengutamakan faktor keselamatan awak pesawat dan para tamu jamaah serta menangkal masuk penyebaran Virus COVID-19 (Corona), melihat berarti ini merupakan keputusan yang baik maka kami menyatakan tunduk dan melaksanakan seluruh aturan penerbangan internasional," jelasnya.

Berkaca dari itu pula, dikatakan Danang, Lion Air telah meminta kepada seluruh mitra dan agen penyelenggara umrah yang bekerja sama dengan Lion Air untuk memberikan informasi penundaan penerbangan umrah kepada seluruh calon jemaah dari Indonesia sesuai dengan perkembangan terkini.

Arab Saudi Larang Warga Dunia Pergi Umrah, 81 Ribu Jemaah dari Jatim Terancam Gagal Berangkat

Penulis: Fikri Firmansyah

Editor: Arie Noer Rachmawati

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved