Buka Evaluasi Implementasi Smart City, Bupati Blitar : Daerah Wajib Ikuti Perkembangan Teknologi

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Blitar menggelar acara Tinjauan Lapangan Evaluasi Implementasi Program Smart City 2020, di ruang

Surya/samsul hadi
Bupati Blitar, Rijanto memberi sambutan saat membuka acara Tinjauan Lapangan Evaluasi Implementasi Program Smart City 2020, di ruang lantai III Kantor Bupati Blitar, Kanigoro, Selasa (3/3/2020). 

 TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Blitar menggelar acara Tinjauan Lapangan Evaluasi Implementasi Program Smart City 2020, di ruang lantai III Kantor Bupati Blitar, Kanigoro, Selasa (3/3/2020). Acara itu dibuka langsung oleh Bupati Blitar, Rijanto.

Acara itu diikuti perwakilan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Blitar, pelajar, dan komunitas anak muda. Acara itu juga menghadirkan Pembimbing Smart City dari Kementerian Kominfo, Fitrah Rachmad Kautsar, sebagai narasumber.

Dalam paparannya, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Blitar, Eko Susanto menyampaikan progres program smart city di Kabupaten Blitar. Eko mengatakan Kabupaten Blitar sudah memiliki ruang command center yang berada di kantor Dinas Kominfo Kabupaten Blitar.

"Ruang command center sebagai pusat untuk mengintegrasikan semua data di OPD," kata Eko.

Pemkab Blitar juga sudah menerapkan sejumlah pelayanan publik berbasis online. Misalnya, pelayanan berbasis online dan mobile di rumah sakit dan anjungan layanan online di sejumlah desa di dua kecamatan, yaitu, Wates dan Kesamben.

"Sekarang masih ada 14 desa di dua kecamatan yang sudah memiliki anjungan layanan online. Ke depan, semua desa akan memiliki anjungan layanan online," ujarnya kepada Tribunjatim.com.

Gubernur Khofifah Serahkan Bantuan Bagi Warga Kota Blitar yang Terdampak Kerusuhan Suporter Bola

Di bidang UMKM, Pemkab Blitar memiliki UMKM go online. Pemkab Blitar juga meluncurkan aplikasi yang akan diserahkan ke relawan, yaitu soal bank sampah dan donatur.

"Ada 108 komunitas baik di wilayah Kota Blitar dan Kabupaten Blitar yang kami gandeng. Artinya smart city yang kami bangun menggandeng semua elemen yang ada," katanya kepada Tribunjatim.com.

Di bidang smart living, Pemkab Blitar melakukan pelurusan jalan terusan di Bantaran, pembangunan Pasar Kanigoro, pembangunan RSUD Srengat, penataan wilayah Kanigoro, dan pembangunan ruang terbuka hijau Kanigoro.

"Rencananya, kami akan menyediakan tempat berkumpul untuk komunitas di RTH Kanigoro," katanya.

Halaman
12
Penulis: Sudarma Adi
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved