Kecamatan Bumiaji Prioritaskan Peningkatan Sanitasi Air, Berupaya Tekan Angka Stunting di Kota Batu

Kecamatan Bumiaji prioritaskan peningkatan sanitasi air, upaya tekan angka stunting di Kota Batu.

SURYA/BENNI INDO
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama wakilnya dan pimpinan DPRD Batu saat menghadiri Musrenbang Kecamatan Bumiaji di Balaidesa Punten, Kamis (5/3/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, BATUKecamatan Bumiaji jadi lokasi terakhir pelaksanaan Musrenbang tingkat kecamatan, Kamis (5/3/2020).

Dalam kegiatan tersebut, Kecamatan Bumiaji memaparkan beberapa program di depan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Pimpinan DPRD Batu beserta anggota dan para Kepala OPD di Pemkot Batu.

Ada 10 usulan yang masuk kategori prioritas kecamatan. Tiga usulan akan dibawa ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Kemudian usulan prioritas desa ada 54 dengan jumlah usulan prioritas sebanyak 67. Sedangkan usulan desa totalnya ada 54.

Di Balik Video Baru Syahrini, ‘Kebohongan’ Soal Adegan Mesra dengan Reino, Sikapnya Tuai Komentar

Cerita SBY Sering Disadap Saat Jadi Presiden, Tak Pernah Telepon Lebih 3 Menit & Tahu Sosok Pelaku

Dari data presentasi, ada tiga asepek usulan yakni infrastruktur, ekonomi dan sosial budaya. Infrasturktur paling banyak diusulkan oleh sembilan desa yang ada di Kecamatan Bumiaji.

"Ada tiga usulan prioritas di Kecamatan Bumiaji untuk bisa direalisasikan yakni di bidang pertanian terkait kebutuhan air, masalah kesehatan dengan peningkatan kualitas sanitasi di lingkungan, dan peningkatan infrastruktur pemukiman seperti drainase," ujar Camat Bumiaji, Aditya Prasaja.

Peningkatan sanitasi menjadi perhatian karena berimbas terhadap penyediaan air bersih hingga saluran pembuangan limbah domestik.

Aji Santoso Minta Bajul Ijo Tak Takut Virus Corona, Ini Nasihat Sang Pelatih untuk Makan Konate Dkk

Apalagi Bumiaji dikenal sebagai kecamatan yang memiliki lahan pertanian luas sehingga kebutuhan akan air sangat penting.

Di samping itu, keberadaan air bersih bisa menjadi solusi untuk menekan angka stunting.

"Untuk sanitasi lingkungan sangat penting direalisasikan karena berhubungan dengan masalah pencegahan dan penurunan stunting. Ini masalah yang harus diselesaikan bersama dan lintas sektor," ungkap Aditya.

Persik Vs Bhayangkara FC, Paul Munster Akui Sudah Kantongi Kekuatan Tim Tuan Rumah

Berawal Ciduk Pengedar di Surabaya, Polisi Endus Penyimpanan Jutaan Pil Koplo di Gudang di Kediri

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Batu, Heli Suyanto menambahkan jika Musrenbang ini adalah forum tahunan untuk mendapatkan usulan dari desa dan kemudian disepakati di tingkat kecamatan dan kota. Heli yang juga berasal dari dapil Bumiaji menyampaikan bahwa Musrenbang menjadi tempat aspirasi warga.

"Kami berharap usulan yang masuk dari tiap desa bisa menjadi dasar program kerja OPD sehingga ada sinergi program yang berjalan dengan baik. Tentunya diharapkan ada peningkatan sarana, fasilitas, ekonomi, dan pelayanan bagi masyarakat di Kecamatan Bumiaji," beber politisi partai Gerindra ini.

Walikota Batu Dewanti Rumpoko mengingatkan agar terus mengawal usulan sehingga harus ada komunikasi dua arah yang baik antara OPD dengan Kecamatan, termasuk juga desa. Dewanti juga mengingatkan agar program-program untuk menekan stunting menjadi prioritas.

“Pak Kepala Desa, Ibu Tim Penggerak PKK dibantu SKPD harus mengecek langsung misalnya di Tulungrejo dan Gunungsari bisa karena ipal komunal manusia dan hewan bisa juga dari efek kimia pupuk dan obat,” ungkapnya.

Penulis: Benni Indo

Editor: Heftys Suud 

Penulis: Benni Indo
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved