Breaking News:

Pilkada Serentak 2020

DPRD Jatim Ajak HMI Ikut Sukseskan Pilkada Serentak 2020

DPRD Jawa Timur menerima kunjungan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Jawa Timur, Senin (9/3/2020).

bobby Koloway/surya
Wakil Ketua DPRD Jatim, Sahat Tua Simanjuntak, menerima kunjungan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Jawa Timur, Senin (9/3/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - DPRD Jawa Timur menerima kunjungan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Jawa Timur, Senin (9/3/2020).

Di dalam pertemuan ini, Wakil Ketua DPRD Jatim, Sahat Tua Simanjuntak mengajak mahasiswa dan HMI ikut menyukseskan penyelenggaraan pilkada.

"Selaku pimpinan dewan Jatim, kami berharap pilkada 2020 baik dan kondusif. Sebab, pilkada di Jawa Timur cukup banyak, yakni di 19 daerah," kata Sahat di awal sambutannya.

Satu di antara potensi penyebab konflik di Pilkada adalah penyebaran isu SARA. Para pendukung acapkali menggunakan sentimen tersebut dalam memberikan dukungan kepada salah satu pasangan calon.

"Pemilihan kepala daerah sudah seharusnya tidak terbelengu dengan isu sara. Sebab, pada prinsipnya kepala daerah dipilih untuk mengayomi seluruh masyarakat tanpa memandang latarbelakang," tegas Sahat kepada Tribunjatim.com.

HMI sebagai organisasi kemahasiswaan yang cukup besar dinilai bisa mengantisipasi masalah tersebut.

Polisi Grebek Pabrik Masker Ilegal di Sidoarjo, Impor Masker dari China, Dipacking Ulang

Rudapaksa Gadis Dibawah Umur, Kapolda Jatim Bantah Terima Surat Penangguhan Penahanan Pemuka Agama

BREAKING NEWS: Perampok Bersenjata Toko Perlengkapan Bayi di Sampang Tertangkap, Dicokok di Rumahnya

"Perang mahasiswa dan HMI memiliki kontribusi yang sangat bagus. Sebab HMI juga memiliki cabang yang tersebar di banyak daerah," kata Ketua Fraksi Golkar di DPRD Jatim ini.

Di sisi lain, Ketua Bidang Pembinaan Aparatur Organisasi Badko HMI Jatim, Safiuddin, menerangkan bahwa di tiap pilkada pihaknya memiliki dua peran. Baik peran selama perencanaan hingga pasca pemungutan.

"Porsi kami di pilkada tidak untuk dukung mendukung, namun membantu penyelaksaan pilkada agar bisa lebih bagus," kata Udin.

Pihaknya sepakat dengan Sahat, bahwa penyelenggaraan pilkada harus terhindar dari isu negatif yang memecah belah masyarakat.
"Kami sepakat bahwa masyarakat harus mendapat pendampingan. Di antaranya, soal mengantisipasi isu SARA," kata Udin.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved