Wali Kota Batu Resmikan TPST3R Jalibar Berseri, Sebut Sampah Biang Kerok, Pinta 'Bijaksana'

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko resmikan TPST3R Jalibar Berseri di Desa Oro-oro Ombo, Kota Batu.

SURYA/HUMAS PEMKOT BATU
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko memotong pita sebagai tanda diresmikannya TPST3R Jalibar di Desa oro-oro Ombo, Rabu (11/3/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, BATU - Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko meresmikan TPST3R (Reduce, Reuse, Recycle) Jalibar Berseri dengan tema di Desa Oro-oro Ombo, Kota Batu, Rabu (11/3/2020).

Sebelum acara dimulai, Wali Kota Dewanti menandatangani prasasti dan menggunting pita sebagai tanda diresmikannya gedung TPST3R Jalibar Berseri.

Ia mengatakan, dengan diresmikannya TPST3R tersebut, diharapkan pemilahan sampah lebih efektif dan menjadi ramah terhadap lingkungan.

Abash Capek Ditanya Identitas Aslinya Wanita, Catut Kekasih: Lihat Lucinta Luna Bentuknya Bagaimana?

Siapa Sosok Gadis Indigo yang Selamatkan Nyawa Wali Kota Risma dari Bahaya? Terjadi Saat Magrib

Ia juga berharap TPST3R Jalibar Berseri mempunyai manfaat yang banyak, terutama kepada masyarakat sekitar. Dewanti meminta agar masyarakat turut menjaga keberadaan TPST3R

"Ini adalah kegiatan kecil yang ketika kita lakukan terus menerus bisa menjadi manfaat yang besar. Contohnya seperti bisa membayar iuran BPJS, PBB dan pajak kendaraan,” ujar Dewanti.

Dewanti juga mengingatkan agar masyarakat tidak sembarangan buang sampah. Sampah menjadi biang kerok sejumlah bencana alam di Kota Batu.

BREAKING NEWS - Hari Ini Selebgram Sarah Gibson Bakal Diperiksa Soal Tiket Carding Agen Travel

Gaya Menawan Bella Saphira Nyonya Komisaris Utama PT Antam Pakai Baju Adat Batak Lengkap Aksesoris

“Sampah itu adalah salah satu yang menyebabkan kita menjadi repot seperti banjir karena kita tidak bijaksana dalam mengelola sampah dengan baik," katanya.

Dewanti berharap, kedepan setiap desa dan kelurahan yang ada di Kota Batu memiliki TPST3R untuk mengurangi beban sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung dan bisa menjadi tempat pengelolaan sampah yang terakhir.

"Kalau ini berjalan maksimal, pekerjaan rumah menanggani sampah di Kota Batu bisa terjawab. Nanti bisa bekerjasama dengan ibu rumah tangga, kader PKK, dan bank sampah setempat. Pengertiannya bahwa sampah jika diolah dan dipilah bisa menjadi berkah untuk semua,'' kata Dewanti usai meresmikan.

Nasib Bayi Ustaz Arifin Ilham Ditinggal Usia Sebulan, Video Baru Muncul, Doa Istri Ke-3 Penuh Haru

Kepala Desa Oro-oro Ombo Wiweko menyambut baik keberadaan TPST3R di desanya. Ia ingin agar TPST3R dapat memberikan edukasi kepada masyarakat. Senada dengan Dewanti, Wiweko juga mengingatkan agar masyarakat tidak sembarangan buang sampah.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved