Pilwali Surabaya 2020

Soal Pernyataan Puti Guntur Tak Maju Pilwali Surabaya, Pengamat : Spekulasi Politik Kuatkan WS

Soal Pernyataan Puti Guntur Soekarno Tak Maju Pilwali Surabaya, Pengamat : Spekulasi Politik Menguatkan WS

Istimewa/ TribunJatim.com
Soal Pernyataan Puti Guntur Soekarno Tak Maju Pilwali Surabaya, Pengamat : Spekulasi Politik Menguatkan WS 

Soal Pernyataan Puti Guntur Soekarno Tak Maju Pilwali Surabaya, Pengamat : Spekulasi Politik Menguatkan WS

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA – Pengamat Politik Universitas Negeri Surabaya Agus Mahfud Fauzi menilai, pernyataan Puti Guntur Soekarno terkait Pilwali Surabaya 2020 merupakan langkah tegas.

’’Mba Puti (Sapaan Puti Guntur Soekarno), tidak ingin dinilai haus jabatan. Apalagi sudah menjadi Legislator DPR RI. sehingga cukup tahu diri,’’ kata Agus, Minggu (15/3/2020).

Ia menilai langkah Puti kian memunculkan spekulasi politik. Terutama menjelang turunnya rekomendasi calon yang diusung oleh PDI Perjuangan untuk maju Pilwali.

Terlebih posisi tari-menarik di internal PDI Perjuangan Surabaya cukup kuat.

Tak Punya Niatan Maju Pilwali Surabaya 2020, Puti Guntur Soekarno Doakan Whisnu Sakti Jadi Wali Kota

’’Posisi Whisnu Sakti sangat berpeluang direkom. Pun begitu siapa calon yang dibawa Bu Risma juga luar biasa,’’ terang Agus.

Mantan komisioner KPU Jawa Timur ini melihat, Tri Rismaharini memiliki kedekatan dengan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri.

Namun, kondisi itu bukan jaminan calon yang diusulkan oleh Risma akan direkom oleh Megawati. ’’Belum paten, karena pada pilkada kemarin 2018 dan 2019 Bu Risma tidak ambil peran,’’ ungkapnya.

Karena itu, yang potensial menjadi pembisik Megawati dalam Pilwali Surabaya adalah Puti Guntur Soekarno. Faktor genetik menadi pertimbangan utama. Faktor kekerabatannya dengan Megawati menjadi nilai lebih.

"Mbak Puti jadi pembisik Bu Mega pesaing Risma. Kalau dulu Bu Risma karena ego sektoral perempuan, sekarang keberadaan Mbak Puti jadi pesaing Risma. Garis keturunan Mbak Puti kekuatan lebih," ujarnya.

Halaman
12
Editor: Januar AS
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved