Wabah Virus Corona di Indonesia

Alodokter Rilis Layanan Digital Cek Mandiri Resiko Terkena Covid 19

Terkait perkembangan penyebaran virus COVID-19 di Indonesia, pemerintah membutuhkan langkah-langkah nyata yang dapat mengedukasi masyarakat mengenai

istimewa
Suci Arumsari (Co-founder & Director Alodokter), Letnan Jenderal TNI Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad (Menteri Kesehatan Republik Indonesia), Agustine Gunawan (VP Partnerships Alodokter) dan Mayjen TNI dr. Daniel Tjen, SpS.( Staf Khusus Menteri Kesehatan RI) 

 TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Terkait perkembangan penyebaran virus COVID-19 di Indonesia, pemerintah membutuhkan langkah-langkah nyata yang dapat mengedukasi masyarakat mengenai virus tersebut untuk mengurangi kekhawatiran dan kepanikan di tengah masyarakat.

Dalam hal ini, Alodokter, perusahaan pengembang teknologi solusi kesehatan di Indonesia, meluncurkan sebuah layanan digital yang mampu melakukan pengujian mandiri risiko tertular virus Corona.

Layanan ini dapat diakses secara gratis bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia, guna mendukung Program KIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi) dari Kementerian Kesehatan dalam menghadapi COVID 19.

Sesuai dengan arahan Menteri Kesehatan Indonesia, Letnan Jenderal TNI (Purn) Dr dr Terawan Agus Putranto, SpRad(K), Alodokter mengembangkan sistem interaksi digital berdasar guideline yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan, dengan tujuan untuk memfasilitasi masyarakat Indonesia dengan informasi yang dapat memberikan arahan dan edukasi terkait virus Corona.

Suci Arumsari, Co-Founder dan Director Alodokter mengatakan, Alodokter telah mengambil beberapa langkah untuk membantu masyarakat Indonesia dalam penanganan virus Corona.

Tragedi Makan Malam Berujung Maut, 1 Keluarga Kena Virus Corona, Ibu & 2 Anak Tewas, Lainnya Kritis

Pemkab Bojonegoro Perpanjang Masa Libur Sekolah Hingga 29 Maret

Tes SKB CPNS 2019 Sampang Ditunda, Antisipasi Wabah Virus Corona, Batas Penundaan Tunggu Kemenpan RB

"Diantaranya membuat artikel dan video edukasi tentang COVID-19 yang sudah diakses lebih dari 15 juta kali dalam dua minggu terakhir. Saat ini, kami juga mendukung program Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dengan mengembangkan teknologi sistem interaksi digital guna membantu masyarakat Indonesia mendapatkan gambaran jelas mengenai gejala-gejala dasar virus Corona yang mereka mungkin rasakan, sehingga dapat segera mengambil langkah terbaik," jelas Arum, dalam rilis yang diterima Jumat (20/3/2020).

Sejak diaktifkan minggu lalu, layanan digital Alodokter ini sudah diakses lebih dari 900,000 masyarakat Indonesia. Alodokter juga terus melakukan pelatihan yang komprehensif terhadap seluruh tim dokter di Alodokter, untuk bersama-sama menghadapi krisis ini.

Layanan digital ini adalah teknologi chatbot yang mampu melakukan interaksi cepat dalam menjawab pertanyaan seputar virus Corona, sehingga memberikan kemudahan penyampaian informasi yang akurat dalam pengujian mandiri risiko tertular virus Corona.

Masyarakat juga dapat chat langsung dengan dokter umum maupun dokter spesialis di aplikasi Alodokter melalui tautan yang disediakan pada layanan digital tersebut.

Terdapat juga fitur Buat Janji dokter, yang memudahkan untuk bertemu dokter ketika diperlukan. Saat ini, Alodokter diakses lebih dari 24 juta pengguna aktif setiap bulannya dan bekerja sama dengan 20 ribu dokter di seluruh Indonesia.

Layanan digital untuk cek mandiri risiko terkena COVID-19 ini sudah bisa diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia melalui: http://bit.ly/Alodokter-cek-risiko-covid-19.(Sri Handi Lestari/Tribunjatim.com)

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved