Virus Corona di Jawa Timur

Forkopimda Lamongan Turun Gunung, Bubarkan Massa Hingga Aksi Semprotkan Disinfektan

Petugas gabungan, TNI - Polri dan dinas instansi di Lingkungan Pemkab Lamongan intens merazia sejumlah tempat yang lazim menjadi kerumanan massa.

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Yoni Iskandar
TRIBUNJATIM.COM/HANIF MANSHURI
Cara Lamongan menangkal penyebaran virus Corona, sampai harus pakai Water Canon untuk menyemprotkan desinfektan, Selasa (24/3/2020) 

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Petugas gabungan, TNI - Polri dan dinas instansi di Lingkungan Pemkab Lamongan intens merazia sejumlah tempat yang lazim menjadi kerumanan massa.

Tidak hanya malam hari, siang hari petugas gabungn mensweeping, warung makan, kafe, warnet, dan warung kopi.

Petugas gabungan tidak hanya meminta massa yang berkerumun membubarkan diri, namun ada edukasi yang diberikan kepada mereka.

Dua malam sebelumnya, TNI - Polri bertindak tegas membubarkan massa atau konsumen di belasan kafe dan warung kopi.

Janji Kapolres Lamongan, AKBP Harun untuk melakukan operasi secara intens untuk memutus mata rantai virus Corono benar - benar dibuktikan.

Seperi yang dilakukan Harun bersama jajaran Forkopimda, Rabu (25/3/2020) tadi. Unsur Forkopimda, ada Bupati Fadeli, AKBP Harun, Dandim 0812 Letkok Sidik Wiyono bergerak mensweeping belasan warung dan kafe.

"Tadi malam, untuk malam kedua kita lakukan sweeping skala besar, dan Rabu siang ini kita lakukan aksi serupa, " kata Harun kepada Surya.co.id, Rabu (25/3/2020).

Anggota Forkopimda bersama anggota polres, kodim dan juga unsur pemkab tidak hanya meminta konsumen bubar, namun ada edukasi terkait pemakaian masker, kebersihan lingkungan, warung tempat jualan.

Forkopimda juga turun gunung untuk menyemprotkan disinfektan. Sasarannya, warung dan kafe serta tempat yang biasa dikunjungi orang banyak.

Cegah Penyebaran Virus Corona, Bioskop Transmart Ngagel Surabaya Ditutup Sementara

Terkait Covid-19, Ketua DPD LaNyalla Minta Senator Pantau Kebijakan Pusat di Daerah

Sejumlah Industri di Jatim Terdampak Akibat Wabah Corona, Wagub Emil: ASN Harus Bela Produk Lokal

"Kegiatan penyemprotan ini merupakan bentuk kepedulian Pemkab Lamongan bersama Forkopimda dalam mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus corona di Lamongan," kata AKBP Harun.

Tim Gabungan TNI-Polri dan Pemda, menurut Harun, selain melaksanakan penyemprotan juga melaksanakan himbauan kepada masyarakat akan bahayanya virus Covid-19 ini.

Harun menyebut, penyemprot cairan disinfektan ini dilakukan di sejumlah tempat yang sering dikunjungi masyarakat.

"Sosialisasi dan penyemprotan disinfektan di jalan raya menggunakan AWC sehari sebelumnya dilakukan untuk mencegah virus corona dengan cara bersinergi antara TNI-Polri dan instansi terkait," ujar Harun.

Dandim Lamongan Letkol Sidik Wiyono juga mengimbau masyarakat melalui tokoh masyarakat untuk tingkatkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Selain itu, lanjut Sidik, Forkompimda juga menghimbau masyarakat untuk mengurangi kegiatan diluar ruangan jika tidak ada kebutuhan mendesak serta menunda kegiatan yang melibatkan banyak massa.

"Kita imbau masyarakat untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat, cuci tangan, pakai masker, juga mengurangi kegiatan di luar rumah," pintanya.(hanif manshuri/Tribunjatim.com) 

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved