Virus Corona di Surabaya

Undika Bikin Alat Pendeteksi Suhu Tubuh Pakai Thermal Camera, Bakal Dikembangkan Tanpa Perlu Gantian

Undika Surabaya membuat inovasi alat pendeteksi suhu tubuh otomatis menggunakan thermal camera.

Undika Bikin Alat Pendeteksi Suhu Tubuh Pakai Thermal Camera, Bakal Dikembangkan Tanpa Perlu Gantian
TRIBUNJATIM.COM/FIKRI FIRMANSYAH
Universitas Dinamika (Undika) Surabaya membuat inovasi alat pendeteksi suhu badan secara otomatis dengan menggunakan thermal camera, Kamis (26/3/2020). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Universitas Dinamika (Undika) Surabaya telah sukses membuat inovasi alat pendeteksi suhu badan otomatis menggunakan thermal camera.

Alat itu sendiri masih menggunakan gate yang terpasang kamera, sehingga dalam mendeteksi suhu badan, setiap orang harus melewati pintu secara bergantian.

Meski begitu, Undika Surabaya akan terus berupaya, di mana nantinya alat itu akan dikembangkan terus hingga bisa mendeteksi suhu badan semua orang secara bersamaan sekaligus atau tanpa perlu bergantian melewatinya.

Prihatin Risiko Tertular Virus Corona, 3 Mahasiswa Undika Bikin Alat Semprot Hand Sanitizer Otomatis

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Dosen Teknik Komputer Undika, Susijanto Tri Rasmana.

"Sejatinya alat pendeteksi suhu badan otomatis yang menggunakan C++ ini masih membutuhkan pengembangan, agar bisa mendeteksi suhu panas tubuh seseorang dalam jumlah banyak. Sehingga nantinya camera thermal tidak lagi membutuhkan gate yang harus dilewati satu persatu," kata Susijanto di Undika Surabaya, Kamis (26/3/2020).

“Alat ini pasti akan terus kami kembangkan, jadi sistemnya setelah dikembangkan nanti, harus seperti pemasangan CCTV (tanpa gate), sehingga ketika ada sekelompok orang yang lewat akan bisa mendeteksi secara bersamaan dengan suhu tubuh panas atau yang sedang demam,” imbuhnya.

Fakta Masa Lalu Abash Pacar Lucinta Luna Bocor, Foto KTP & Saat Jadi Wanita, 4 Rahasia Lain Terkuak

Pengakuan Sedih Via Vallen Permak Wajah karena Komen Jahat, Hasil Beda dari Harapan: Malah Bengkak

Lebih lanjut Susijanto mengatakan, dalam melakukan pengembangan alat itu nanti, ke depannya juga ada penambahan multideteksi dan perbaikan tampilan pada sisi perangkat lunak.

“Ini dikarenakan pengerjaan alat ini kemarin dalam situasi darurat sehingga lebih mementingkan segi fungsinya terlebih dahulu, maka kedepan perlu dikembangkan lagi, termasuk pada aspek muktideteksidan tampilannya,” paparnya.

UPDATE TERBARU Pasien Corona di Jatim Kamis (26/3/2020), Positif Covid-19 Jadi 59, 7 Orang Sembuh

Sementara, Kepala Bagian Public Relation Undika Surabaya Ryan Adi Djauhari, saat ditemui di lokasi yang sama berharap inovasi ini bisa digunakan di masyarakat agar rumah sakit, sekolah, kantor maupun tempat ramai lainnya bisa mendeteksi dini penyebaran Covid-19.

“Hingga saat ini ada beberapa instansi yang sudah memesan inovasi kami, dan digunakan di lingkungan kerjanya," kata Ryan.

Penulis: Fikri Firmansyah

Editor: Arie Noer Rachmawati

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved