Virus Corona di Surabaya

Warga Surabaya Berjemur Buat Tingkatkan Imun Cegah Corona, Begini Kata Pakar Microbiologi Klinik UC

Di tengah penyebaran virus Covid-19, masyarakat beranggapan berjemur di bawah sinar matahari mampu mencegah virus Corona. Apa kata pakar?

SURYA/ZAINAL ARIF
Warga Klampis Semolo Tengah Surabaya saat berjemur di depan rumah, Kamis (26/3/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Di tengah penyebaran virus Covid-19, masyarakat beranggapan berjemur di bawah sinar matahari mampu mencegah virus Corona.

Hal itu bukan tanpa alasan karena di saat orang berjemur di bawah sinar matahari dapat menghasilkan vitamin D yang baik untuk sistem kekebalan tubuh.

Seperti yang terjadi pada warga yang melakukan kegiatan berjemur bersama di Klampis Semolo Tengah III Surabaya, Kamis (26/3/2020).

Pilkades Serentak 2020 di Sidoarjo Resmi Ditunda Cegah Corona, Bupati Cak Nur: Demi Kebaikan Bersama

Amin, warga setempat berpendapat menjemur tubuh dapat membunuh virus Corona, sehingga ia melakukan kegiatan tersebut hampir setiap hari.

"Kalau di luar matahari sedang hangat saya gunakan untuk berjemur di depan, ya sekitar jam 9 pagi atau jam 3 sore, kalau siang jam 12 gitu saya tidak berjemur karena tidak kuat dengan panas sinar matahari, hal ini saya lakukan supaya tidak terkena virus Covid-19," kata Amin.

Berbeda hal dengan Stevan, setelah ia mengisolasi diri selama 2 minggu lebih tidak keluar rumah, menjemur tubuh dirasa baginya sebagai kegiatan menyehatkan sekaligus sedikit mengurangi kejenuhan yang ia rasakan.

VIRAL VIDEO Polisi Pukul 3 Bintara Pakai Ikat Pinggang, 1 Orang Masuk RS, Polda Sumbar Angkat Bicara

Fakta Masa Lalu Abash Pacar Lucinta Luna Bocor, Foto KTP & Saat Jadi Wanita, 4 Rahasia Lain Terkuak

"Bosan di kamar terus, jadinya sedikit refreshing dengan menjemur diri seperti ini, tahu dari artikel kalau menjemur dapat memberi vitamin D yang baik untuk mencegah virus Covid-19," kata Stevan saat diwawancarai di depan rumah.

Hal tersebut ditanggapi oleh Pakar Microbiologi Klinik Universitas Ciputra Surabaya, Wira Widjaya Lindarto menerangkan, sinar matahari mengandung sinar ultra violet dan virus Covid-19 ini bersifat peka terhadap UV.

"Namun bukan berarti berjemur bisa membantu kita terhindar dari virus tersebut," kata Wira Widjaya Lindarto saat dihubungi TribunJatim.com melalui telepon, Kamis (26/3/2020).

VIRAL VIDEO Wabup Sidoarjo Makamkan Jenazah Pasien Corona, Penggali Kubur Langsung Pergi dan Mandi

Hal ini disebabkan karena memerlukan waktu paparan tertentu, di mana dalam paparan tersebut malah akan menyebabkan iritasi pada kulit manusia.

Halaman
12
Penulis: Zainal Arif
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved