Virus Corona di Mojokerto

Kemenag Mojokerto Pastikan Tak Ada Penundaan Pelayanan Nikah di KUA pada Masa Pandemi Virus Corona

KUA di lingkungan Kemenag Kabupaten Mojokerto tetap buka melayani seperti pelayanan ikrar wakaf, nikah kantor, dan nikah bedol.

TRIBUNJATIM.COM/MOCHAMMAD ROMADONI
Pengumuman SOP pelayanan nikah pada masa merebaknya virus Corona (Covid-19) yang dipasang di depan Kantor Urusan Agama Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto, Sabtu (28/3/2020). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Mochammad Romadoni

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Bimais) memastikan pelayanan Kantor Urusan Agama (KUA) tetap berjalan, di tengah pandemi virus Corona (Covid-19).

Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kabupaten Mojokerto, Abdul Aziz, menjelaskan, pelayanan publik di KUA tetap berjalan berdasarkan surat edaran Menteri Agama Nomor 069-08/2020 tentang protokol penanganan Covid-19 pada area publik di lingkungan Kementerian Agama dan sesuai surat edaran Nomor P-002 /DJ/.III.Hk.00.7/03/2020 terkait imbauan pelaksanaan protokol penanganan Covid-19 pada area publik di lingkungan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam.

Katanya, KUA di lingkungan Kemenag Kabupaten Mojokerto tetap buka melayani seperti pelayanan ikrar wakaf, nikah kantor, dan nikah bedol.

Dampak Corona, 11 Hari Ditutup Perekonomian Disektor Pariwisata di Mojokerto Lumpuh Total

UPDATE CORONA di Jatim Sabtu 28 Maret, Pasien Positif Tambah 11 Orang, Kota Kediri Masuk Zona Merah

"Pelayanan di kantor KUA tetap berjalan, jadi tidak ada yang ditunda," ungkapnya saat dikonfirmasi TribunJatim.com, Sabtu (28/3/2020).

Ia mengatakan, KUA akan tetap memberikan peIayanan administrasi dan pencatatan nikah.

Namun untuk sementara waktu meniadakan beberapa jenis pelayanan yang berpotensi menjalin kontak jarak dekat serta menciptakan kerumunan seperti, bimbingan perkawinan bagi calon pengantin (catin), konsultasi perkawinan, bimbingan klasikal, dan sebagainya.

"Di KUA itu ada Bimwi (Bimbingan Perkawinan) sementara waktu kita tiadakan dulu yang sifatnya klasikal, tapi sebelum akad nikah tetap ada penasihatan sekilas," jelasnya.

Masih Nekat Ngumpul di Warkop Saat Wabah Corona, Puluhan Remaja Dibubarkan Paksa Petugas Mojokerto

Dampak Virus Corona, Ponpes Tambak Beras dan Tebuireng Jombang Pulangkan Seluruh Santrinya

Abdul Aziz menegaskan, pihaknya mengklarifikasi informasi tidak benar terkait pelayanan Kantor Urusan Agama (KUA) ditutup sejak 24 Maret 2020 karena semakin merebaknya virus Corona.

Pada kenyataannya, sampai sekarang tetap ada pelayanan di KUA yang tentunya sesuai protokol penanganan Covid-19 dari Direktorat Jenderal Bimais Kemenag RI.

"Kebijakan pelayanan KUA di Kabupaten Mojokerto sudah berlaku mulai Senin (23/3/2020) kemarin dan sementara sampai 31 Maret 2020, tapi kita akan tetap melihat perkembangannya," ujarnya.

UPDATE CORONA di Malang Sabtu 28 Maret, Tiga Pasien Positif Covid-19 di Kota Malang Sembuh

Wander Luiz Jadi Kasus Pertama di Indonesia, Berikut Daftar Pesepak Bola yang Positif Virus Corona

Ditambahkannya, pihaknya memastikan pelaksanaan tugas dan fungsi serta layanan Bimais tetap berjalan secara efektif dan efisien. Termasuk pelayanan di 18 KUA Kabupaten Mojokerto akan tetap melayani calon pengantin yang akan melangsungkan akad nikah di tengah merebaknya Covid-19 tersebut.

Namun harus sesuai SOP untuk mencegah penyebaran Covid-19 pada pelayanan nikah di KUA.

"Pemasangan pengumuman SOP nikah bedol dan nikah kantor pada masa virus Corona sudah dipasang di seluruh kantor KUA, jadi tidak ada penundaan, kita tetap melayani," tandasnya.

Editor: Dwi Prastika

Antisipasi Covid-19, Wali Kota Risma Siapkan Posko, Bakal Sterilisasi Kendaraan yang Masuk Surabaya

Hasil Rapid Test Virus Corona, 541 Tenaga Medis di Jawa Timur Negatif Covid-19

Penulis: Mohammad Romadoni
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved