Virus Corona di Jawa Timur

Instruksi Polri Desinfektasi Massal, Kapolda Jatim: Tiap Hari Sudah Kami Lakukan, Besok Lebih Gencar

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan bahwa jauh-jauh hari sejak awal virus tersebut mewabah, pihaknya telah mengintruksikan pada polres

ISTIMEWA/DOK HUMAS POLDA JATIM
Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan saat melakukan sidak ke sejumlah area publik dan memantau proses penyemprotan disinfektan. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luhur Pambudi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Mabes Polri telah memberikan instruksi kepada Kapolda di Seluruh Indonesia agar melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan massal dan serentak di wilayah yuridisnya masing-masing pada Selasa (31/3/2020) mendatang.

Instruksi itu tertuang dalam surat telegram bernomor ST/1008/III/KES.7./2020 tertanggal 27 Maret 2020 yang ditandatangani Gatot atas nama Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis.

Dan telah disampaikan secara tertulis oleh Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono. Tujuannya, mencegah penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).

Menindaklanjuti instruksi tersebut, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan bahwa jauh-jauh hari sejak awal virus tersebut mewabah, pihaknya telah mengintruksikan pada polres jajarannya melakukan penyemprotan cairan disinfektan.

Bahkan pihaknya sudah menerjunkan Tim Kimia Biologi Radioaktif (KBR) Satuan Brigade Mobil Polda Jatim untuk secara berkala melakukan penyemprotan di sejumlah area publik dan pemukiman warga di Kota Surabaya.

Di sejumlah kawasan di 39 kabupaten dan kota lainnya, ia telah menggerakkan para jajaran polres dan polresta untuk mengintruksikan polsek-polsek kawasannya.

Selama Libur, Pemain Persebaya Surabaya Wajib Kirim Video Latihan

Kemenag Mojokerto Pastikan 17 Orang Yang Ikut Pelatihan PPIH Sudah Lakukan Isolasi Mandiri

Pastikan Tidak Lockdown di Madura, Pintu Masuk Jembatan Suramadu Bakal Pasang Disinfektan

Guna mengampanyekan pola hidup sehat dengan mulai mendisiplinkan diri dalam mencuci tangan.

Termasuk mengampanyekan social and physical distancing, guna memutus mata rantai penularan Covid-19. Dan semuanya itu terus berlangsung hingga saat ini.

"Kalau proses penyemprotan sebenarnya sudah hampir tiap hari kami lakukan," katanya di perbatasan pintu masuk Jembatan Suramadu, Kenjeran, Surabaya, Minggu (29/2/2020).

Di hari Selasa (31/3/2020) mendatang, Luki akan lebih gencar lagi menyemprotkan cairan disikfektan di seluruh kawasan di Jatim.

Termasuk mengerahkan segenap perlengkapan kendaraan taktis kepolisian seperti Water Cannon Truck.

"Ini mungkin secara serentak akan kami lakukan dan kami akan mempersiapkan untuk itu semuanya," pungkasnya.

Penulis: Luhur Pambudi
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved