Virus Corona

BPJS Kesehatan Sarankan Warga Surabaya Akses JKN Lewat CHIKA dan VIKA, Tertib Physical Distancing

Di tengah wabah virus Corona, BPJS Kesehatan Surabaya sarankan akses JKN lewat CHIKA (Chat Assistant JKN) dan VIKA (Voice Interactive JKN).

TRIBUNJATIM.COM/FIKRI FIRMANSYAH
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Surabaya, Herman Dinata Mihardja saat menunjukan layanan digital Chika yang ada di Smartphonenya kepada TribunJatim.com, Rabu (1/4/2020) di KCU BPJS Kesehatan Surabaya, Jalan Raya Dharma Husada. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Banyaknya warga Surabaya yang menjadi korban wabah virus Corona atau Covid-19 di Jawa Timur, memaksa banyak pelayanan publik telah melakukan pembatasan jam operasionalnya.

Beberapa mengalihkan sistem pelayanannya menjadi daring (online), termasuk BPJS Kesehatan Surabaya.

Terkait pelayanan daring online itu, BPJS Kesehatan Surabaya pun juga turut melakukan seperti apa yang telah dilakukan BPJS Kesehatan diseluruh wilayah di Indonesia.

Layanan online BPJS hadir lewat dua layanan online yang super canggih dan praktis yakni CHIKA (Chat Assistant JKN) dan VIKA (Voice Interactive JKN).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Surabaya, Herman Dinata Mihardja mengatakan, dengan sudah diluncurkannya dua layanan itu secara serentak atau juga termasuk yang di Surabaya, disarankan seluruh warga Surabaya yang akan mengakses pelayanan terkait BPJS Kesehatan, tak perlu risau lagi.

Terlebih ketika tengah melakukan kegiatan kebijakan bekerja dari rumah (work from home) dan physical distancing dalam rangka menekan penyebaran virus Corona di Indonesia maupun di Jatim.

"Saat ini kantor BPJS Kesehatan Surabaya telah melakukan pembatasan jam operasionalnya, meski begitu masyarakat atau warga Surabaya tak perlu khawatir sebab kini telah ada dua layanan komunikasi yang dapat menjawab pertanyaan dan keluhan dari masyarakat terkait program JKN yakni CHIKA dan VIKA dan menariknya layanan ini dapat diakses 24 jam nonstop," kata Herman, Rabu (1/4/2020) di KCU BPJS Kesehatan Surabaya, Jalan Raya Dharma Husada.

Dijelaskan Herman, CHIKA merupakan pelayanan informasi dan pengaduan melalui chatting yang direspon melalui sistem atau artifical intelligence.

Pada CHIKA, lebih lanjut Herman menerangkan, cara kerjanya dengan memanfatkan media sosial (medsos) seperti WhatsApp, Telegram, dan Massenger Facebook, sehingga kini peserta JKN-KIS dapat mengajukan informasi dan pengaduan telepon pintar tanpa harus meninggalkan rumah.

Halaman
12
Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved