Virus Corona di Banyuwangi

Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkab Banyuwangi Mewajibkan Masyarakat Pakai Masker saat Keluar Rumah

Seluruh warga Banyuwangi, mulai Senin (6/4/2020) harus menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah untuk mencegah penyebaran virus Corona.

TRIBUNJATIM.COM/HAORRAHMAN
Produksi masker kain di Banyuwangi, 2020. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Haorrahman

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Pemkab Banyuwangi mewajibkan seluruh masyarakat Banyuwangi untuk memakai masker guna mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19). 

Seluruh warga Banyuwangi, mulai Senin (6/4/2020) harus menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, sesuai anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, menjelaskan, mulai saat ini, sesuai rekomendasi WHO, Banyuwangi mulai menjalankan program “masker untuk semua”.

Pemkab Banyuwangi Siapkan Ruang Isolasi ODP Covid-19 di Muncar, Jamin Kebutuhan Makan Dipenuhi

UPDATE CORONA di Jawa Timur Senin 6 April 2020, Kabupaten Trenggalek Masuk Zona Merah Covid-19

“Semua harus memakai masker ketika berkegiatan di luar. Gunakan masker. Ini menjadi penting, karena kita tidak pernah tahu orang tanpa gejala pun bisa menjadi sumber penyebaran penyakit ketika kita di luar rumah," tegas Abdullah Azwar Anas, Senin (6/4/2020).

“Tolong masyarakat saling mengingatkan kalau ada yang belum memenuhi kewajiban ini. Ingatkan untuk bermasker. Ini cara kita sama-sama melindungi, baik diri sendiri maupun warga yang lain,” tambahnya. 

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Widji Lestariono, mengatakan, pemerintah tidak mengharuskan masyarakat memakai masker bedah atau N-95. 

Masyarakat bisa menggunakan masker kain karena dapat digunakan berulang kali setelah bersih dicuci. Sementara masker bedah atau N-95 diutamakan untuk petugas medis.

Bupati Banyuwangi Bagi Kupon Makan Gratis ke Pekerja Informal Terdampak Corona, Ajak Warung Rakyat

Virus Corona Mewabah, Ponpes An-Nur 1 Malang Izinkan Santrinya Pulang, Sudah sejak Pekan Lalu

“Masker kain bisa digunakan. Saat ini sudah banyak masker buatan UMKM atau buatan rumah tangga. Warga bisa membeli langsung. Sudah banyak kok di pasaran,” kata Rio, panggilan akrabnya.

Rio menyarankan masyarakat menggunakan masker kain yang terdiri dari tiga lapis.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved