2 Mobil Astra Peugeot Ini Punya Fitur ALDWS, Diklaim Bisa Selamatkan Pengemudi Saat Tidur Sekejap

eugeot 3008 & 5008 Allure Plus disebut punya tingkat keamanan dan keselamatan yang tinggi. Bisa selamatkan pengemudi tidur sekejap di perjalanan.

TRIBUNJATIM.COM/FIKRI FIRMANSYAH
TribunJatim.com saat menjajal atau test drive Peugeot 3008 Allure Plus, dengan rute Surabaya-Solo/pp pada beberapa bulan yang lalu. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Astra Peugeot menyebut, ada produk mobilnya yang punya fitur keunggulan dengan tingkat keamanan dan keselamatan yang tinggi.

Khususnya saat menyelamatkan pengemudinya ketika merasa ngantuk hingga mengalami tidur sekejap saat tengah mengendarai mobil.

Fitur keamanan dan keselamatan itu ada pada Peugeot 3008 & 5008 Allure Plus.

Isi Chat Terakhir Nikita Mirzani & Glenn Fredly, Isu soal Hubungan Mereka Terjawab, Kekal Kenangan

Kompaknya Warga dan Polisi Kepung Ruko Kota Malang: Ada Pelaku Pembobolan Terjebak di Plafon

Hal tersebut dikatakan langsung oleh, Technical National PT Astra International Tbk - Peugeot, Samsudin.

"Pada Peugeot 3008 & 5008 Allure Plus telah tersematkan fitur Active Lane Departure Warning System (ALDWS), fitur ini merupakan berfungsi untuk memberikan peringatan kepada pengemudi, terutama saat kendaraan yang dikemudikan keluar dari jalur," kata Samsudin, Minggu (12/4/2020) di Astra Peugeot Surabaya.

Ia juga menjelaskan, Fitur Active Lane Departure Warning System (ALDWS) di varian Allure Plus memang berbeda dengan pendahulunya, yaitu tipe GT Line.

Warga Tolak Rusunawa Cerme Jadi Tempat Observasi PDP Covid-19, Satu Warga Dibawa ke Puskesmas

Tuban Berstatus Zona Merah Covid-19, Pemkab Dirikan Posko Pemantauan di Tiga Perbatasan

Di Allure Plus, ia mengatakan, fitur ini benar-benar aktif, maksudnya, setir akan bergerak sendiri atau otomatis roda akan ke posisi jalur yang benar ketika pengemudi lalai atau mengantuk.

Diakui Samsudin, memang beberapa produsen mobil lain sudah mengaplikasi fitur ini, namun sayangnya masih banyak pengemudi yang tidak memanfaatkan secara maksimal atau justru menonaktifkan, yang dimana dikarenakan penyebabnya bisa dari sistem peringatan atau notifikasi yang dianggap mengganggu juga bisa disebabkan pengoperasionalanya yang dianggap rumit.

HOAKS Viral Daftar Nama Pasien Dokter Terkonfirmasi Covid-19 di Bangkalan, Pemkab Minta Warga Tenang

Namun kerumitan terkait penggunaan fitur tersebut tidak berlaku pada Peugeot 3008 dan 5008 Allure Plus, sebab, lanjutnya, adanya Active Lane Departure di Peugeot 3008 dan 5008 Allure Plus, fitur ini secara aktif mengoreksi arah setir ketika mobil mulai keluar dari jalur dengan bantuan dari electric power steering (driver ngantuk). Kondisi tersebut biasanya dibarengi dengan bunyi alarm dan semakin keras jika kondisi tersebut terjadi berulang-ulang, sehingga pengemudi disarakan untuk istarahat.

Halaman
12
Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved