Lewat Aplikasi SISBRO Pasien RSUD Gambiran Kota Kediri Bisa Daftar Lewat WhatsApp

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gambiran Kota Kediri mengurangi antrean pasien rawat jalan. Sehari sebelum periksa,

(Surya/Didik Mashudi)
RSUD) Gambiran Kota Kediri buka sistem pendaftaran online yang diberi nama Sistem Booking Rawat Jalan Online (SISBRO) 

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gambiran Kota Kediri mengurangi antrean pasien rawat jalan. Sehari sebelum periksa, pasien bisa melakukan pendaftaran online melalui aplikasi android.

Direktur RSUD Gambiran dr Fauzan Adima menjelaskan, dengan sistem pendaftaran online, pasien bisa mendaftarkan diri tanpa harus menunggu di kursi antrean.

Selain memudahkan pasien, pendaftaran online juga efektif mengurangi penumpukan antrean sekaligus melakukan physical distancing.

“Pasien tak harus datang ke rumah sakit untuk mendaftar, cukup melalui WhatsApp,” jelasnya kepada Tribunjatim.com, Senin (13/4/2020).

Sistem pendaftaran online yang diberi nama Sistem Booking Rawat Jalan Online (SISBRO) ini cukup sederhana. Pasien hanya tinggal menyimpan kontak WhatsApp SISBRO di nomor 08821 789 4000 dan melakukan chat dengan menulis “Daftar”.

Setelah menerima respon dari operator, pasien diminta menuliskan identitas dengan format #No Rekam Medis#Nama Pasien#Tujuan Poliklinik#Cara Bayar#Tanggal Booking. Contohnya: #343459#Budi Sutrisno#poli dalam#BPJS#14-4-2020.

Seusai mengirimkan data pasien, operator akan mengirimkan nomor antrean untuk keesokan hari. Dengan mengetahui nomor antrean, pasien bisa memperkirakan jam kedatangan agar tak terlalu lama menunggu di rumah sakit.

“Besoknya tinggal menunjukkan WA tersebut ke petugas pendaftaran,” tambahnya.

Selain memudahkan pasien, pendaftaran secara online ini juga membuat proses layanan kesehatan di rumah sakit lebih cepat. Berbekal data yang dikirimkan pasien sehari sebelumnya, petugas bisa menyiapkan berkas rekam medis dan menyerahkan ke poli yang dituju.

Karena itu layanan SisBro ini hanya bisa dilakukan oleh pasien lama yang telah memiliki nomor rekam medis.

Halaman
12
Penulis: Didik Mashudi
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved