Virus Corona di Bangkalan

Malaysia Dilockdown Bahan Pokok Sulit Didapat, Pekerja Migran Asal Bangkalan Madura Pulang Kampung

Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Bangkalan Madura terpaksa kembali ke kampung halaman. Sebanyak 54 orang tiba di Terminal Kota, Rabu (15

Ahmad Faisol/Surya
Gelombang pertama kedatangan PMI Malaysia asal Kabupaten Bangkalan tiba di Terminal Kota, Rabu (15/4/2020) sekitar pukul 21.10 WIB. 

TRIBUNJATIM.COM, BANGKALAN - Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Bangkalan Madura terpaksa kembali ke kampung halaman. Sebanyak 54 orang tiba di Terminal Kota, Rabu (15/4/2020) sekitar pukul 21.10 WIB.

Nur Pa'i, PMI Malaysia asal Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan mengungkapkan, ia kembali bersama delapan orang yang masih satu kampung.

"Bahan pokok sulit karena di sana lockdown," ungkap pria yang bekerja sebagai tukang bangunan itu sambil menata barang bawa'annya.

Mewabahnya virus Coronaatau Covid-19 membuat Malaysia menerapkan kebijakan lockdown sejak pertengahan Maret 2020.

"Tidak bekerja dan biaya hidup menggunakan uang simpanan, mulai menipis," pungkas pria berambut keriting itu.

Total PMI Malaysia yang kembali ke Pulau Madura sebanyak 129 orang dengan menggunakan lima bus.

23 TKI Dari Malaysia Asal Gresik Diperiksa Kesehatannya, Hasilnya Negatif dari Covid-19

Cegah Covid-19, Komunitas Debu Langit Salurkan Donasi Ribuan Alat Pelindung Diri untuk Tenaga Medis

Kelakuan 2 Residivis Seusai Diberi Asimilasi, Lagi-lagi Jambret Tas di Surabaya, Tak Kapok Masuk Bui

Dengan rincian 54 warga Bangkalan, 42 warga Sampang, dan 33 asal Pamekasan. Semua barang bawa'an disemprot disinfektan sebelum diturunkan dari bagasi bus.

Di sisi lain, Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bangkalan yang terdiri dari personil TNI/Polri, Dinas kesehatan, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP Kabupaten Bangkalan melakukan pengecekan suhu tubuh kepada setiap PMI begitu turun dari bus.

Tak cukup di situ, petugas juga mendata satu persatu by name by adress. Mereka lantas diarahkan ke tempat cuci tangan sebelum menuju kendaraan penjemput yang menunggu di luar terminal.

Wakapolres Bangkalan Kompol Deky Hermansyah mengungkapkan, setiap PMI sudah dibekali surat keterangan bebas dari Covid-19 dari Negeri Jiran.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved