JANGAN KECELE, Operasi Penerbangan Domestik dari Terminal 2 Bandara Juanda Bakal Dipindahkan Kesini

Awas jangan sampai kecele, operasional penerbangan domestik dari Terminal 2 Bandara Juanda bakal dipindahkan ke tempat ini

TRIBUNJATIM.COM/KUKUH KURNIAWAN
Suasana runway Bandara Juanda, Selasa (26/02/2019). Mulai Rabu (22/4/2020), operasional penerbangan domestik dari Terminal 2 Bandara Juanda bakal dipindahkan ke Terminal 1 untuk meminimalisir penyebaran virus Corona Covid-19. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Operasional penerbangan domestik dari Terminal 2 (T2) Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo, bakal dipindahkan untuk sementara waktu ke Terminal 1 (T1).

Kebijakan tersebut rencananya mulai diberlakukan Rabu 22 April 2020, untuk meminimalkan penyebaran virus Corona Covid-19 .

"Ini merupakan bagian dari optimalisasi pengendalian pengawasan arus pesawat dan penumpang guna meminimalisir penyebaran Covid-19 serta sebagai upaya efisiensi operasionalnya bandara," kata General Manager Bandar Udara Internasional Juanda, Kolonel Laut (P) Heru Prasetyo, Senin (20/4/2020).

Sementara itu, penerbangan domestik Bandara Juanda yang akan dipindahkan sementara dari T2 ke T1, yakni yang dilayani oleh maskapai Garuda Indonesia dan Air Asia.

Sedangkan untuk penerbangan internasional, meski mayoritas maskapai telah menghentikan penerbangan internasional, tetap dilayani di T2.

Misalnya, penerbangan internasional yang melayani penanganan kesehatan dan pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) alias TKI akibat perusahaan di negara tempat mereka bekerja berhenti beroperasi.

"Kebijakan ini bersifat sementara, artinya jika keadaan sudah kembali normal maka tidak menutup kemungkinan operasional akan kembali lagi ke Terminal 2.

Kami merencanakan perpindahan ini hingga September nanti," jelas Heru Prasetyo.

Tak hanya itu, selain perpindahan penerbangan domestik, Bandara Juanda juga akan menerapkan pembatasan jam operasional dan downsizing area terminal.

Itu sesuai Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2020 Tentang Pengendalian Transportasi dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Virus Disease 2019  ( Covid-19 ).

Halaman
123
Penulis: Danendra Kusuma
Editor: Mujib Anwar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved