Ramadhan 2020

Ramadhan di Musim Virus Corona, Begini Aturan yang Dibuat Bupati Trenggalek

Pemkab Trenggalek putuskan daerah dengan resiko tinggi Covid-19 dilarang adakan salat tarawih. Gelaran buka puasa Ramadhan dibatasi.

TRIBUNJATIM.COM/AFLAHUL ABIDIN
Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin saat memimpin rapat pembahasan pelaksanaan ibadah selama Ramadhan di masa pandemi Covid-19, Rabu (22/4/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Pemkab Trenggalek telah menentukan aturan Ramadhan 2020 di tengah pandemi virus Corona ( Covid-19 ).

Pemkab dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten bersepakat untuk meniadakan proses ibadah, termasuk salat tarawih di masjid daerah dengan risiko penyebaran Covid-19 tinggi.

"Tapi untuk masjid di daerah dengan risiko penyebaran rendah, bisa tetap menggelar dengan mematuhi protokol kesehatan," kata Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, usai menggelar rapat membahas masalah itu, Rabu (22/4/2020).

Pihaknya akan segera mengumumkan daerah dengan tingkat risiko tinggi dan rendah.

Penentuan tingkat risiko itu berdasrakan jumlah pemudik, Orang Dalam Pantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan Orang Tanpa Gejala (OTG) yang ada di sana.

Data itu, lanjut pria yang akrab disapa Mas Ipin itu, akan diserahkan ke takmir masjid di Trenggalek.

"Untuk memutuskan mana masjid yang aman dan tidak," ungkap Mas Ipin.

Hasil rapat lain, Pemkab Trenggalek melarang adanya buka bersama dan pembagian takjil karena akan melibatkan banyak orang.

Aturan tersebut berlaku umum bagi warga maupun instansi pemerintahan.

Buka bersama, kata Mas Ipin, hanya boleh dilakukan oleh satu keluarga inti. Lebih dari itu, tim gabungan akan membubarkan.

"Kami berharap, tolong disiplin. Kami belum membahas soal sanksi. Kemungkinan akan dibubarkan oleh tim gabungan," sambungnya.

Mas Ipin juga meminta agar warga penyaluran zakat, infak, dan sedekah tak mendadak di hari sebelum Lebaran.

Halaman
12
Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved