Meski Covid-19 Masih Mewabah, LFNU Gresik Tetap Gelar Rukyatul Hilal untuk Tentukan 1 Ramadhan

Meskipun ada wabah Corona, PCNU Gresik tetap menggelar rukyatul hilal untuk menentukan 1 Ramadham 14441 H

Istimewa
Di Tengah Pendemi Corona, LFNU Gresik Tetap Gelar Rukyatul Hilal 

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, LFNU (Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama) Kabupaten Gresik, Jawa Timur tetap menggelar rukyatul hilal penetapan awal ibadah puasa 1 Ramadhan 1441 H.

Rencananya, kegiatan itu akan digelar pada Kamis (22/4/2020) di Balai Rukyat Condrodipo, Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas.

Berbeda dengan rukyatul hilal sebelumnya, kali ini LFNU akan menerapkan protokol kesehatan ketat dengan physical distancing dan membatasi jumlah kehadiran pengurus.

"Meski di tengah pandemi Corona. Kita tetap menggelar rukyatul hilal awal bulan puasa besok sore," kata Wakil Ketua LFNU Gresik Muchyiddin Hasan, Rabu (22/4/2020).

Muchyiddin mengungkapkan, pihaknya juga menyiapkan seluruh peralatan. Bahkan, pengurus melakukan persiapan matang menjelang rukyatul hilal.

Sebelumnya, tambah Muchyiddin Balai Rukyat Condrodipo ini juga sudah dilakukan penyemprotan disinfektan beserta penyediaan sarana cuci tangan dan hand sanitizer agar pelaksanaan rukyat tetap steril.

Hal itu Sesuai dengan SOP pemantauan hilal dari PBNU dan Satgas Covid-19. "Kami tetap melaksanakan rukyatul hilal Kamis besok sesuai dengan SOP pemantauan hilal dari PBNU," tambahnya.

Muchyiddin berharap cuaca pada kamis besok cerah agar hasil pengamatan yang dilakukan bisa maksimal.

"Berdasarkan data hisab ketinggian hilal dari berbagai metode hisab bahwa ketinggian hilal pada Kamis besok sekitar 3 derajat di atas ufuk," ungkap Wakil Ketua LFNU Gresik.

Editor: Januar AS
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved