Bentuk Satgas Ramadhan & Covid-19, Pertamina Pastikan Pasokan BBM & Elpiji Aman di Jatim

Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V Jatim memastikan pasokan energi aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat termasuk di Jawa Timur.

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Pertamina MOR V 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Memasuki bulan Ramadhan 2020, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V Jatim memastikan pasokan energi aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat termasuk di Jawa Timur (Jatim).

Rustam Aji, Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina MOR V, mengatakan, pihaknya telah membentuk satuan tugas (satgas) Ramadan, Idul Fitri, dan COVID-19 atau Rafico 2020.

"Satgas bertugas memastikan ketersediaan BBM dan Elpiji, serta mulai aktif sejak 8 April hingga 8 Juni 2020,” kata Rustam Aji, Jumat (24/4/2020).

Pertamina dan Hiswana Beri Perawatan Dan Ganti Oli Gratis Kendaraan Tenaga Medis

UM dan Pertamina Salurkan Bantuan APD ke Kota Batu

Selama periode Ramadan dan Idul Fitri 2020, pihaknya memprediksi akan ada penurunan konsumsi BBM di Jatim, dibanding kondisi normal di awal tahun.

"Prediksi penurunan sebagai dampak dari berkurangnya mobilitas warga selama masa pandemi," tambah Rustam.

BBM jenis Gasoline (Premium, Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo), diperkirakan menurun 27 persen sama seperti di bulan April 2020 ini. Rustam menyebutkan, bahwa konsumsi Gasoline untuk April ini rata-rata sebesar 9.500 kilo liter (KL) per hari, dari kondisi normal Januari dan Februari kemarin dengan volumen 12.900 KL per hari.

"Sedangkan untuk BBM jenis Gasoil (Bio Solar, Dex, Dexlite), penurunan konsumsi diprediksi sekitar 18 persen dibanding kondisi normal di Januari dan Februari, juga sama dengan bulan April ini," jelas Rustam.

Pada bulan April 2020, konsumsi rata-rata Gasoil di Jatim sebesar 4.900 KL per hari, turun dibanding konsumsi di awal tahun sebesar 6.000 KL per hari.

“Tim Satgas Rafico 2020 akan memonitor perkembangan penyaluran BBM setiap hari, dan menyiapkan langkah-langkah antisipasi apabila ada perkembangan,” jelas Rustam.

Lebih lanjut Rustam menambahkan, mengingat adanya pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa wilayah Jatimr, serta adanya larangan mudik dari Pemerintah, berpotensi menyebabkan konsumsi Gaoline dan Gasoil justru turun dibandingkan di bulan April 2020.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved