Virus Corona di Banyuwangi

Pemkab Banyuwangi Bagikan Ratusan Ribu Masker Gratis Produksi UMKM ke Warga di 63 Desa

Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Banyuwangi mulai mendistribusikan pesanan satu juta masker hasil produksi UMKM dan para penjahit kampung.

Surya/Haorrahman
Suasana Penyerahan masker dilakukan Bupati Abdullah Azwar Anas, Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifudi, Ketua DPRD I Made Cahyana, dan Kepala Kejaksaan Banyuwangi M. Mikroj. 

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Banyuwangi mulai mendistribusikan pesanan satu juta masker hasil produksi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan para penjahit kampung.

Pada tahap awal pembagian masker ini, sebanyak 138 ribu masker langsung didistribusikan ke 63 desa/kelurahan di enam kecamatan se Kabuapten Banyuwangi, Jawa Timur.

Penyerahan masker dilakukan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifudi, Ketua DPRD I Made Cahyana, dan Kepala Kejaksaan Banyuwangi M. Mikroj.

Pada pembagian ini masker dibagikan kepada 63 desa dan kelurahan di enam kecamatan yakni kecamatan Wongsorejo, Kalipuro, Banyuwangi, Glagah, Giri dan Licin. Setiap desa/kelurahan. Masing-masing mendapatkan 2.000 unit masker. Sebelumnya Gugus Tugas juga rutin membagikan masker kepada para pedagang pasar dan warga.

“Saya minta agar kades, lurah, camat bisa membagikan masker ini secara tertib dan bijaksana. Himbau warga agar terus menggunakan masker sebagaimana protokol kesehatan pencegahan virus Corona atau Covid-19,” kata Abdullah Azwar Anas kepada TribunJatim.com.

PT KAI Percepat Pengembalian Uang Pembatalan Tiket

Sidang Dosen PTS Surabaya yang Diduga Miliki Sabu 0,37 Gram Ditunda, JPU: Kemungkinan Minggu Depan

Siasat Busuk 4 Cewek Bunuh Driver Taksi Online di Bandung, Petaka Bermula dari Niat Kencan Sejenis

Anas menyadari masker yang dibagikan pemkab tentunya masih belum dapat memenuhi kebutuhan masker semua warga Banyuwangi secara merata. Mengingat jumlah warga Banyuwangi yang mencapai 1,7 juta jiwa.

“Memang tidak semua warga bisa mendapat masker dari Gugus Tugas, tapi minimal dengan pembagian masker ini diharapkan bisa mendorong kesadaran warga untuk menggunakan pelindung diri,” ujar Anas.

Ketua DPRD I Made Cahyana menambahkan, agar Kades jangan pernah bosan untuk mengingatkan warga untuk melakukan pencegahan penularan virus Corona atau Covid-19. Karena tidak bisa dipungkiri kalau masih banyak warga yang “ngeyel” apabila diingatkan untuk memakai masker ataupun tidak membuat kerumunan.

“Lurah dan Kades jangan pernah bosan untuk mengingatkan. Memang harus diingatkan terus menerus sebagai bentuk kepedulian kita pada warga. Ini semua demi keselamatan kita bersama,” ujar Made.

Sementara itu Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifudin juga berpesan agar Kades mengajak warganya bergotong royong, bersama-sama menjaga kesehatan dan keselamatan desanya. Yang dimulai dari keluarga masing-masing.

“Memang dalam menghadapi pandemi ini kita tidak boleh takut berlebihan. Tapi tetap waspada karena pencegahan lebih baik dari pada mengobati. Selain memakai masker, ingatkan warga untuk tetap dirumah apabila tidak ada kepentingan yang mendesak,” pesan Arman. (Haorrahman/Tribunjatim.com)

Penulis: Haorrahman
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved