Virus Corona di Magetan

Tim Satgas Penanganan Covid-19 Evakuasi 18 Warga di Desa Temboro Magetan Jatim

Sebanyak 18 warga positif terinfeksi virus Corona atau Covid-19 telah di evakuasi dari Desa Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Surya/ Doni Prasetyo
Lima unit ambulan RSUD dr Sayidiman, Magetan mengevakuasi 18 warga Desa Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan yang positif terjangkiti Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19, ke ruang isolasi khusus dilingkungan RSUD dr Sayidiman, Magetan, Kamis (30/4). 

TRIBUNJATIM.COM, MAGETAN - Sebanyak 18 warga positif terinfeksi virus Corona atau Covid-19 telah di evakuasi dari Desa Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan, Jawa Timur ke ruang isolasi khusus di lingkungan RSUD dr Sayidiman, Magetan, Jawa Timur.

Menurut Kepala Posko Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Magetan Ari Budi Santosa, ke - 18 warga yang dievakuasi terpapar Covid-19 itu berasal dari, 12 warga negara Malaysia, 1 Thailand, 5 Jawa Timur.

"Pemerintah harus hadir memberi jaminan, tempat itu sesuai dengan standar kesehatan yang ada. Karena itu kita pindahkan ke ruang isolasi khusus, sesuai protokol kesehatan," kata Kalaksa Ari Budi Santosa kepada Surya, saat menyaksikan proses pemindahan di Ruang Isolasi Khusus Covid-19.

Dikatakan Ari Budi, kondisi ke-18 pasien positif itu seluruhnya kondisi fisiknya sehat, bisa melakukan segala aktivitas, bahkan didalam ruang isolasi khusus itu mereka disediakan permainan olahraga pingpong, dan karaoke.

3 HP Penjaga Warkop Surabaya Digasak Pelanggan Tetap, Barang Curian Langsung Dijual ke Pasar Maling

Kejari Tanjung Perak Surabaya Imbau Masyarakat Manfaatkan Layanan Tilang Lewat Kantor Pos

40 Karyawan Pabrik Rokok Sampoerna Surabaya Reaktif Covid-19 Jalani Swab PCR di RSUD dr Soetomo

"Ke-18 pasien positif Covid-19 itu diruang isolasi dibuat senyaman mungkin. Karena mereka semua kondisi fisiknya sehat, jadi hari-harinya selama 14 hari bisa digunakan kegiatan olahraga pingpong dan bernyanyi," kata Ari Budi Santosa kepada TribunJatim.com.

Sementara ketiga pasien positif terjangkit Covid-19 yang sudah di rawat di RSUD ini rencananya akan dipulangkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan dengan alasan diminta keluarga untuk dilakukan isolasi mandiri dirumah.

"ā°Benar, ketiga pasien posifif terjangkiti Covid akan dipulangkan ke Temboro atas permintaan keluarga. Pasien itu dirawat sesuai ketentuan yang ada. Kalau pun mau diminta pulang, itu aturanya ada. Sepanjang protokol kesehatan dilalui," kata Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magetan Saif Muchlissun.

Dikatakan Saif, pasien positif terjangkit Covid-19 di Kabupaten Magetan sebanyak 33 orang, sembuh 8, meninggal 1 orang, sisanya menjalani perawatan di ruang khusus dilingkungan RSUD dr Sayidiman Magetan.

"Sesuai pengalaman Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 sebelumnya di Kecamatan Ngariboyo, Magetan dan Kecamatan/Kabupaten Magetan yang dirawat di RSUD dr Sayidiman, setelah sembuh di tes swab sesuai protokol kesehatan, kalau sembuh bisa dilakukan isolasi mandiri selama 14 dirumah,"kata Saif Muclissun.

Sumber di Dinas kesehatan menyatakan, kalau ketiga pasien positif Covid-19 yang dirawat di RSUD dr Sayidiman Magetan yang berencana di pulangkan untuk dirawat dirumah secara mandiri itu sangat beresiko, karena ketiganya carrier (pembawa) virus Corona atau Covid-19 dan itu membahayakan warga sekitar.(tyo/Tribunjatim.com)

Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved