Info Sehat

Ketahui Khasiat Infused Lemon & Jeruk Beserta Kandungan Antioksidannya, Bermanfaat Buat Sistem Imun

Lemon dianggap sebagai makanan alkali yang dapat mengalahkan virus Corona. Berikut penjelasan kepala prodi Food Technology Universitas Ciputra.

ISTIMEWA
ILUSTRASI minuman infused lemon untuk mempertahankan daya tahan tubuh 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Beredar pesan berantai di grup sosial media bahwa pH untuk virus Corona bervariasi dari 5,5 hingga 8,5.

Pesan tersebut memberi saran untuk mengambil lebih banyak makanan alkali yang berada di atas tingkat pH virus agar kita bisa mengalahkan virus Corona.

Hal tersebut seperti menghubungkan lemon untuk penyembuhan Covid-19, di mana lemon dianggap sebagai makanan alkali yang dapat mengalahkan virus Corona.

Katalog Promo Superindo 1-3 Mei 2020, Diskon Daging dan Buah hingga Harga Menarik Telur Ayam

Kepala Program Studi Food Technology Universitas Ciputra, Muliasari Kartikawati menjelaskan, fakta sebenarnya bukan pH atau alkalinitas tetapi di dalam kandungan antioksidan dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

"Tidak hanya lemon tapi juga jenis citrus lainnya, seperti jeruk keprok, jeruk manis, dan jeruk nipis juga memiliki kandungan antioksidan," kata Lia sapaan akrab Muliasari Kartikawati kepada TribunJatim.com, Kamis (30/4/2020).

Lia menyebut citrus memiliki kandungan di antaranya alkaloid, tannin, fenol, Vitamin C dan flavonoid seperti hesperidin.

Bocor ke Publik Rahasia China Bisa Sembuhkan 60 Ribu Lebih Pasien Covid-19, Bisa Ditiru Indonesia?

VIRAL VIDEO 2 Bule Ngamen di Pasar NTB, Istri Gendong Bayi, Lihat Nasibnya: Demi Makan, Sulit Balik

Hesperidin merupakan flavonoid yang dianggap sebagai komponen fungsional utama dari kulit citrus.

"Salah satu cara ekstrasi yang digunakan adalah menggunakan air panas. Hal inilah yang mendasari kenapa banyak infused water dilakukan dengan merendam dalam air panas," ujar Lia.

Berdasarkan salah satu penelitian yang dilakukan oleh Chen dkk di tahun 2007, perendaman dalam air panas suhu 100 derajat Celcius (air mendidih) selama 30 menit memiliki kandungan hesperidin yang lebih tinggi dibandingkan pada suhu 40 derajat Celcius maupun 70 derajat Celcius.

VIRAL Dokter Tampan Ayman Alatas, Garda Depan Lawan Virus Corona & Berdarah Arab, Mirip Zayn Malik?

Namun, kandungan citrus yang baik buat tubuh tidak hanya Hesperidinnya saja akan tetapi juga terdapat vitamin C yang tidak tahan dengan panas.

Penelitian yang dilakukan Muhammad dkk 2019 menunjukkan pada 45 derajat Celcius saja selama 15 menit kandungan vitamin C dalam jus jeruk akan berkurang sebanyak 12 persen dan akan semakin berkurang dengan kenaikan suhu yang digunakan, sedangkan pada suhu 30 derajat Celcius vitamin C yang ada tidak berkurang.

6 Tips Membuat Biji Salak Kenyal, Empuk, dan Tidak Keras, Takaran Adonan hingga Teknik Merebus

"Nah untuk konsumsi yang optimal, sebaiknya dipisahkan antara air perasan citrus dengan kulitnya," kata Lia.

"Setelah itu kulitnya dapat direbus terlebih dahulu atau disiram air panas selama 30 menit, setelah air sudah hangat agak ke suhu ruang kita bisa campurkan air perasan citrusnya, sehingga kita bisa mendapatkan kandungan hesperidin beserta vitamin C-nya," pungkasnya.

Penulis: Zainal Arif
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved