Meski Terkena Imbas Covid-19, Industri Hulu Migas Diminta Tetap Pertahankan Kegiatan dan Hindari PHK

Industri hulu migas diminta tetap mempertahankan kegiatan operasi serta menghindari PHK di tengah pandemi Covid-19.

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM/SKK MIGAS
Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto, 2020. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sri Handi Lestari

TRIBUNJATIM.COM - Meskipun ikut terkena dampak pandemi virus Corona atau Covid-19 dan rendahnya harga minyak dunia, industri hulu migas diminta tetap mempertahankan kegiatan operasi serta menghindari pemutusan hubungan kerja ( PHK ), dalam rangka menjaga kelangsungan industri ini di tahun-tahun berikutnya.

Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto, mengatakan, pencapaian target APBN di kwartal pertama cukup baik, namun ke depan yang lebih diutamakan adalah bagaimana caranya supaya tidak ada kegiatan yang terhenti dan tidak ada PHK.

"Di tengah wabah Covid-19 dan penurunan harga minyak seperti saat ini, SKK Migas terus berkoordinasi dengan Kontraktor KKS agar target tahun 2020 dapat dioptimalkan," kata Dwi Soetjipto, Minggu (3/5/2020).

Hal ini dilakukan supaya penerimaan negara dari hulu migas tetap dapat optimal dan dapat mendukung anggaran negara di tengah upaya penanggulangan pandemi Covid-19 yang membutuhkan anggaran sangat besar.

Dengan mempertahankan operasi hulu migas, termasuk pada berbagai program pengeboran, pemeliharaan, dan operasional lainnya, maka sektor ini diharapkan dapat terus menggerakkan ekonomi nasional, menciptakan multplier effect bagi perekonomian daerah dan industri penunjang, serta menjaga ketersediaan lapangan kerja.

Penjelasan PLN Soal Iklan Promo Alat Penghemat Listrik, Benarkah Bisa Buat Tagihan Tak Boros?

Cara Dapat Token Listrik Gratis Mei 2020, Login www.pln.co.id atau Chat WA PLN 08122123123

"Ibarat darah yang terus mengalir, industri hulu migas diharapkan dapat terus menggerakkan urat nadi ekonomi Indonesia," ujar Dwi Soetjipto.

Deputi Operasi SKK Migas, Julius Wiratno, menambahkan, sampai saat ini komitmen Kontraktor KKS untuk mencapai target produksi masih terjaga.

"Dari data kwartal 1 tahun 2020 menjukkan bahwa, untuk produksi minyak, 7 Kontraktor KKS melebihi target APBN dan 8 Kontraktor KKS melampaui target teknis dalam WP&B 2020," jelas Julius.

Sedangkan untuk penyaluran gas 5 Kontraktor KKS mampu melebihi target APBN dan 12 Kontraktor KKS melebihi target teknis WP&B 2020.

Lebih dari 32 Ribu Tiket Kereta di Wilayah KAI Daop 9 Jember Dibatalkan saat Pandemi Covid-19

Tepat Hari Buruh, Kadisnakertrans Jatim Catat Ada 37.713 Pekerja Terkena PHK selama Pandemi Covid-19

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved