Bank Indonesia Kediri Siapkan Kebutuhan Uang Tunai Ramadhan hingga Lebaran Rp 4,38 Triliun

Kantor Perwakilan Bank Indonesia atau KPwBI Kediri berkomitmen menyiapkan kebutuhan uang tunai pada periode Ramadhan hingga Idulfitri 2020.

kompas.com
Ilustrasi uang 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Didik Mashudi

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Kantor Perwakilan Bank Indonesia atau KPwBI Kediri berkomitmen menyiapkan kebutuhan uang tunai (outflow) yang diperkirakan sebesar Rp 4,38 triliun pada periode Ramadhan hingga Idulfitri 2020.

Jumlah uang yang disiapkan turun 14 persen dibandingkan periode tahun lalu.

Kepala KPwBI Kediri, Sofwan Kurnia, dalam jumpa pers online menjelaskan, kebutuhan itu telah memperhatikan antisipasi selama Ramadhan, libur Idulfitri, serta kebijakan dan stimulus pemerintah kepada masyarakat selama periode penanganan dampak pandemi virus Corona atau Covid-19, termasuk pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB.

Kebutuhan uang tunai tertinggi periode Ramadhan hingga Idulfitri tahun ini akan terjadi pada minggu ke-2 bulan Mei 2020.

Karena bersamaan dengan pembayaran gaji dan THR pegawai ASN/TNI/Polri golongan 3 ke bawah.

Petugas Gabungan Gelar Razia Anak Jalanan dan Gepeng di Kediri untuk Memutus Penyebaran Covid-19

UPDATE CORONA Kota Blitar, 1 Santri Ponpes Temboro Positif Versi Rapid Test Kedua, Isolasi Mandiri

Sofwan Kurnia menjelaskan, dalam mencegah perluasan penyebaran Covid-19, KPwBI Kediri senantiasa mengimbau masyarakat menggunakan transaksi pembayaran secara nontunai melalui digital banking, uang elektronik, dan QR Code Pembayaran dengan standar Code Indonesian Standard (QRIS).

Memitigasi penyebaran Covid-19, layanan pemenuhan kebutuhan Uang Pecahan Kecil (UPK) kepada masyarakat hanya disediakan melalui loket di bank.

KPwBI Kediri telah berkoordinasi dan meminta perbankan, dalam memberikan layanan menegakkan protokol pencegahan Covid-19 secara ketat yang telah ditetapkan pemerintah. Diantaranya, penggunaan masker, pemindaian suhu tubuh, dan penerapan physical distancing.

5 Kategori Keluarga yang Tak Dapat Bantuan Jaring Pengaman Sosial Pandemi Virus Corona di Kediri

Jambret Kediri Sembunyi 7 Jam di Kebun Tebu, Dikepung Massa & Ditangkap, Aksi Brutal Tewaskan Korban

Penukaran untuk masyarakat dilayani oleh 66 kantor cabang (KC) bank di seluruh wilayah kerja KPwBI Kediri sejak 29 April-20 Mei 2020.

Halaman
12
Penulis: Didik Mashudi
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved