Virus Corona di Jawa Timur

Pemda Tunggu Bansos Tunai Kemensos Cair Dulu sebelum Gunakan Bantuan dari Pemprov Jatim

Pemprov Jatim memahami jika pemerintah kabupaten/kota juga sedang menimbang kapan bantuan Pemprov Jatim akan digunakan.

HUMAS PEMPROV JATIM
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Emil Dardak dalam jumpa pers di Gedung Negara Grahadi, Senin (13/4/2020). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, mendorong agar pemerintah kabupaten/kota segera menyetorkan data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bansos Tunai dari Kementerian Sosial untuk masyarakat yang terdampak virus Corona atau Covid-19.

Senin (4/5/2020) adalah batas waktu akhir pengumpulan data KPM ke Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemensos.

"Bansos tunai ini adalah dana yang langsung bisa diakses oleh pemerintah kabupaten/kota termasuk yang sedang menyelenggarakan PSBB ( pembatasan sosial berskala besar )," kata Emil Dardak, Senin (4/5/2020).

Data Bansos Tunai dari Kementerian Sosial ini juga akan menjadi acuan untuk menyalurkan bantuan sosialnya baik dari pemprov maupun pemkab/pemkot, baik yang sedang memberlakukan PSBB maupun tidak.

"Keterpaduan antara Bansos yang digunakan dari internal pemkab/pemkot maupun dari pemprov ini akan menjadi sangat penting supaya tepat sasaran dan tidak tumpang tindih," lanjutnya.

Untuk itu Pemprov Jatim, lanjut Emil Dardak, memahami jika pemerintah kabupaten/kota juga sedang menimbang kapan bantuan Pemprov Jatim akan digunakan.

Rumah Sakit Rujukan Overload, Pemprov Bakal Bangun Rumah Sakit Darurat Covid-19 Jawa Timur

Hasil Rapid Test Pedagan Pasar Pujon 3 Reaktif, Gugus Tugas Jatim Puji Penerapan Protokol Covid-19

"Apakah mendahulukan dana yang sudah dipegang atau stok yang ada di gudang yang sudah dimiliki terlebih dahulu," kata Emil Dardak yang juga Ketua Rumpun Sosial Ekonomi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur itu.

Emil Dardak mengambil contoh Kabupaten Sidoarjo sudah menetapkan bahwa Senin (4/5/2020) adalah batas terakhir pengumpulan data dari kecamatan untuk penerima bantuan dari Pemprov Jatim.

"Selanjutnya akan dilakukan pengadaan bahan pokoknya dalam minggu yang akan datang. Jadi Sidoarjo sudah jelas," ucap mantan bupati Trenggalek ini.

Jawa Timur Jadi Provinsi Pertama yang Realisasikan BLT Dana Desa Dampak Covid-19

Soal Rencana PSBB Malang Raya, Pemprov Jawa Timur Terus Jalin Komunikasi dengan Tiga Kepala Daerah

Sedangkan untuk dua daerah lain yang juga memberlakukan PSBB, yaitu Surabaya dan Gresik masih dalam tahapan pencocokan data antara bantuan dari pemerintah pusat, dan Pemerintah Kota Surabaya dan Gresik sendiri, agar nantinya bantuan dari Pemprov Jatim untuk dua daerah tersebut tidak tumpang tindih dengan bantuan sosial lainnya.

"Namun demikian, dapur umum pada tanggal 28 April yang lalu sudah dibangun di 33 titik yang  mana Pemprov Jawa Timur melakukan suplai bahan logistik ke dapur umum tersebut," pungkasnya.

Editor: Dwi Prastika

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved