Pertamina Serahkan Ribuan APD untuk Tenaga Kesehatan di Jatim, 'Harus Saling Bahu Membahu'

Pertamina melalui Marketing Operation Region (MOR) V, Jatimbalinus dan Pertamina EP Asset 4 menggelar Program Pertamina Peduli Penanggulangan Covid-19

ISTIMEWA/PERTAMINA MOR V
Pengarahan donasi dari Pertamina Group kepada Pemprov Jatim, Jumat (8/5/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) V, Jatimbalinus dan Pertamina EP Asset 4 kembali menggelar Program Pertamina Peduli Penanggulangan Covid 19.

Program itu berupa penyerahan donasi alat pelindung diri (APD) untuk para tenaga kesehatan (nakes) melalui Pemprov Jatim, Jumat (8/5/2020).

APD tersebut meliputi 300 hazmat, 100 Liter Hand Sanitizer, 1900 Masker Kain, dan 1500 Masker Medis.

Penyerahan APD ini dilakukan General Manager Pertamina EP Asset 4, Agus Amperianto dan Unit Manager Communication & CSR MOR V, Rustam Aji kepada Kepala Pelaksana BPBD Jatim, Subhan Wahyudiono dan disaksikan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Agus Amperianto menyatakan bahwa Pertamina selaku Badan Usaha Milik Negara telah mengambil peran lebih dari tugas utamanya untuk menyalurkan energi.

"Selain menjalankan tugas utama ini, kami juga bergerak untuk memberikan bantuan-bantuan kepada masyarakat yang terdampak dari Pandemi Covid-19," ungkap Agus.

Program Pertamina Peduli yang diusung oleh Pertamina Group tidak hanya memberikan APD melalui posko gugus tugas percepatanan penanganan, rumah sakit rujukan, dan puskesmas saja. Namun, juga menunjukkan kepedulian kepada pekerja sektor nonformal yang terdampak secara ekonomi.

"Tidak hanya itu, Pertamina juga tergerak mendukung eksistensi para pelaku bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal ini diwujudkan dengan sebagian dari APD yang disalurkan merupakan produk UMKM binaan Pertamina," tambah Agus.

Khofifah Indar Parawansa, atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan apresiasi dan menyampaikan terima kasih atas bantuan Pertamina tersebut.

Apalagi sampai hari ini, Pertamina juga membantu isi ulang LPG Bright Gas 12 kg, untuk Dapur Umum yang dikelola Dinas Sosial Jatim di Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik, selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Sementara itu menurut Rustam Aji, Pertamina Group berharap agar bantuan ini dapat memberikan manfaat yang baik, baik kepada Pemerintah maupun masyarakat yang saat ini sedang sama-sama berjuang untuk menekan angka penyebaran Covid-19.

"Tentunya dalam situasi saat ini, antara perusahaan, pemerintah, masyarakat, dan semua elemen terkait harus saling bahu-membahu agar kita dapat menekan angka penyebaran COVID-19," ujar Rustam.

Hingga Kamis kemarin, Pertamina Group di Jawa Timur sudah menyalurkan bantuan senilai lebih dari Rp 2,9 miliar, melalui Program Pertamina Peduli Penanggulangan COVID-19. Upaya itu merupakan wujud bakti BUMN untuk Indonesia.(rie/Sri Handi Lestari).

 
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Adi Sasono
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved