Virus Corona di Kediri

Pemkot Kediri Alihkan Dana Safari Ramadan Untuk Pengadaan Ribuan Nasi Bungkus

Bagian Kesra Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur membagikan nasi bungkus kepada warga terdampak virus Corona atau Covid-19.

istimewa
Pembagian nasi Bungkus oleh Pemkot Kediri 

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Bagian Kesra Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur membagikan nasi bungkus kepada warga terdampak virus Corona atau Covid-19.

Targetnya sejumlah 18.000 sampai 20.000 nasi bungkus yang dibagikan untuk warga menjelang buka puasa.

Ardi Handoko, Kabag Kesra Kota Kediri menjelaskan, pengadaan nasi bungkus dilakukan untuk menggalang solidaritas dan memberi pekerjaan bagi warga ekonomi lemah yang terdampak.

“Penyalurannya lewat 46 kelurahan selama 20 hari. Awalnya ini anggaran untuk safari Ramadan yang rutin diadakan setiap tahun. Namun karena pandemi corona, anggaran safari Ramadan diganti menjadi pembagian nasi bungkus,” kata Ardi Handoko kepada TribunJatim.com, Sabtu (9/5/2020).

Dijelaskan, pengaadaan nasi bungkus dilakukan di warung-warung kecil di setiap kelurahan guna pemberdayaan UMKM yang terdampak pandemi virus Corona atau Covid-19.

Lurah Setonopande Widya Purna Nurhuda menjelaskan, yang memasak nasi bungkus warga yang biasanya dapat order catering. Namun karena ada wabah virus Corona atau Covid-19 tidak mendapat order lagi. Usaha catering yang dipilih yang usahanya kecil, bukan catering besar.

Pria Berompi Juru Parkir Ditemukan Mengambang di Sungai Kalimas Gubeng, Tukang Sampah Saksi Pertama

VIRAL TERPOPULER: Yan Vellia Blak-blakan Soal Pernikahan hingga Didi Kempot Telepon Sahabatnya

Liga Champions Eropa Kembali Bergulir, Presiden Lyon Bocorkan Jadwalnya, Laga Final Dihelat Agustus

Menurut Widya, target dari pembagian nasi bungkus dilakukan setiap hari di setiap kecamatan. Masing-masing kecamatan minimal 1 kelurahan, ada yang 2 kelurahan setiap hari.

Teknisnya, tetap menghidari berkumpul dan taat prosedur kesehatan. Dari warga yang memasak, nasi bungkus dikumpulkan ke kelurahan. Kemudian dibagian oleh Karang Taruna ke rumah-rumah yang membutuhkan.

Harapannya, warga yang terdampak bisa mendapatkan buka puasa dengan nasi bungkus. Bagian Kesra menargetkan, semua warga terdampak mendapatkan pembagian nasi bungkus yang bisa langsung dimakan dan pengolahan hingga pembagiannya melibatkan warga kelurahan.

Sementara Nunis (34), salah satu penerima order nasi bungkus mengatakan, sebelum ada Corona sering mendapatkan order dari kantor-kantor. Namun karena kantor banyak yang bekerja di rumah, tak ada pesanan lagi.

Untuk program nasi bungkus ini, Nunis mengolah sekitar 400-an bungkus. Nasi bungkus dengan lauk daging ayam, mie, dan sayuran juga menggerakkan tetangganya untuk membantu.(dim/Tribunjatim.com)

 

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved