Virus Corona di Banyuwangi

BUMN Beri Bantuan Ratusan APD untuk Fasilitas Kesehatan di Banyuwangi, Bantu Penanganan Covid-19

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, berterima kasih atas bantuan alat kesehatan dari BUMN untuk memperlancar penanganan Covid-19.

TRIBUNJATIM.COM/HAORRAHMAN
Sejumlah BUMN menyalurkan bantuan alat pelindung diri (APD) untuk fasilitas kesehatan di Banyuwangi. Bantuan itu diterima oleh Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, Selasa (12/5/2020). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Haorrahman

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Sejumlah Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ) menyalurkan bantuan alat pelindung diri (APD) untuk fasilitas kesehatan di Banyuwangi

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, berterima kasih atas bantuan alat kesehatan untuk memperlancar penanganan virus Corona atau Covid-19 di Banyuwangi.

"Ini akan menambah stok alkes kita, karena kita tidak tahu sampai kapan Covid-19 ini berakhir. Nantinya bantuan ini akan di-manage oleh Dinas Kesehatan untuk disalurkan ke sejumlah rumah sakit dan puskesmas yang membutuhkan," ujar Abdullah Azwar Anas, Selasa (12/5/2020).

Bantuan tersebut berasal dari BUMN antara lain PT Perkebunan Nusantara XII, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III (Persero), PT PLN (Persero), PT Telkom (Persero), dan Perum Perhutani.

"Kami ingin memberi dukungan kepada Satgas Covid-19. Mudah-mudahan bantuan peralatan medis ini turut membantu penanganan Covid-19 di Banyuwangi," kata General Manajer Pelindo III Terminal Tanjung Wangi, Nizar Fauzi,

Bantuan alat kesehatan dan APD yang disalurkan berupa pakaian hazardous materials (hazmat) 268 buah, sepatu boots 135 pasang, 10 face shields, nurse cap 10 pieces, kacamata safety goggles 210 pieces. Juga masker (KN 95) 10 pieces, sarung tangan karet 10 pasang, masker medis 90 box, hand sanitizer 20 botol, masker kain 750 pieces, hand gloves 50 box, hair cap 50 box, dan wastafel portable 30 buah. 

Resmi di Banyuwangi Ada 6 RS Rujukan Covid-19, Bupati Anas: Semoga Antisipasi Ini Sia-sia Belaka

376.000 Masker Kain Dibagikan Pemkab Banyuwangi pada Warga di 169 Desa

"Bantuan alat kesehatan ini adalah bantuan tahap pertama yang kami salurkan lewat Posko Covid-19. Nanti akan kami lanjutkan dengan bantuan tahap selanjutnya, termasuk sembako. Dan tadi ada permintaan alat rapid test, akan kami upayakan untuk bisa terpenuhi,"  terang Nizar Fauzi.

Sesuai Surat Keputusan Kementerian BUMN No.SK-77/MBU/03/2020 tentang Pembentukan Satuan Tugas Bencana Nasional Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maka seluruh perusahaan BUMN di seluruh Indonesia wajib mendirikan pusat-pusat bantuan di seluruh provinsi di Indonesia, termasuk Jawa Timur dengan pendirian posko satgas di setiap kabupaten/kota.

Manajer Kebun Kaliselogiri, Benny Hendricrianto, mewakili Direksi PTPN XII menambahkan sasaran penyaluran bantuan sesuai dengan arahan Kementerian BUMN yakni rumah sakit rujukan dan Puskesmas.

Banyuwangi Siapkan Pelaporan Online Jika Belum Terima Bantuan Covid-19, Warga Bisa Lapor Mandiri

Smart Kampung Banyuwangi Memudahkan Pendataan Bansos untuk Penanganan Covid-19

“Sasaran utamanya adalah rumah sakit rujukan dan Puskesmas di Banyuwangi. Semoga bermanfaat serta tenaga medis lebih merasa aman dalam menjalankan tugasnya,” imbuhnya.

Untuk tingkat lembaga, lanjut dia, penyaluran bantuan APD berupa hazmat, kacamata goggle, face shield, sepatu boot, masker KN95, sarung tangan, hand sanitizer dan keperluan medis lain dari seluruh perusahaan BUMN Indonesia juga telah diserahterimakan.

"Kami sudah menyerahkan bantuan APD antara lain ke Puskesmas Jajag, Genteng Kulon, Puskesmas Sepanjang, dan fasilitas kesehatan lain yang membutuhkan," jelasnya.

Editor: Dwi Prastika

Penulis: Haorrahman
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved