Kebanyakan Aset Provinsi, Nilai Kerugian Kebakaran Gudang Alsintan di Trenggalek Belum Jelas

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Trenggalek masih menghitung kerugian akibat kebakaran gudang alat mesin pertanian (Alsintan) Balai Penyuluh

Surya/Aflahul Abidin
Petugas pemadam menyemprotkan air di gudang pertanian di BPP Karangan, Kabupaten Trenggalek, Selasa (12/5/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Trenggalek masih menghitung kerugian akibat kebakaran gudang alat mesin pertanian (Alsintan) Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Karangan yang terjadi, Selasa (12/5/2020).

Selain gedung, kebakaran itu juga melahap puluhan kendaraan roda dua yang tersimpan dalam gudang. Juga alat dan obat-obatan pertanian.

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Trenggalek Didik Susanto mengatakan, mayoritas barang yang ada di gudang merupakan barang aset milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Seperti sepeda motor, kebetulan itu aset provinsi dan sudah tidak dipakai,” kata Didik kepada TribunJatim.com, Rabu (13/5/2020).

Jumlah sepeda motor pelat merah yang terbakar itu tak sedikit. Totalnya sekitar 30 unit. Didik menyebut, motor-motor itu sudah lama tak dipakai. Pihaknya juga telah mengajukan penghapusan aset ke pemprov sejak sekitar 2014.

“Tapi belum selesai prosesnya,” katanya kepada TribunJatim.com.

Tak cuma sepeda motor, obat-obat pertanian yang ikut terbakar juga merupakan aset milik pemrpov. Obat itu selama ini disimpan di gudang sebagai cadangan apabila terjadi serangan hama yang masif.

Gudang Alat Mesin Pertanian di Trenggalek Ludes Terbakar, 30 Motor Hangus

Dua pelaku Curanmor ini Beraksi Selam 4 tahun di Wilayah Lamongan, Berhenti Ditembak Polisi

Nenek Asal Surabaya Yang Terjerat Kasus Dugaan Pemalsuan Akta Otentik Ajukan Eksepsi Dibebaskan

“Jadi tidak mempengaruhi bantuan obat bagi para petani. Kalau yang bantuan itu, sudah dibagikan. Yang terbakar di gudang itu cadangan sudah lama, sekitar 3-4 tahun lalu,” jelasnya.

Karena bukan aset pemkab, dinas tersebut tak berhak untuk menghitung aset kerugian. Mekanisme yang akan dijalankan, yakni pelaporan kepada instansi pemilik aset.

“Nanti kita foto. Kita sampaikan ke provinsi agar segera dihapus,” sambung Didik.

Halaman
12
Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved