Menjaga Kebugaran Saat Berpuasa, Baiknya Nge-gym, Ini Tipsnya

Ngegym saat [puasa, dengan intensitas yang lebih rendah," kata Achmad Syamsul Farih, Distric Fitness Manager Urban Athletes Surabaya.

SURYA/ SUGIHARTO
Achmad Syamsul Farih, Distric Fitness Manager Urban Athletes Surabaya memperlihatkan beberapa latihan yang bisa dilakukan di gym saat berpuasa 

 TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Selama berpuasa, banyak orang yang lebih malas berkegiatan. Alhasil, tak sedikit yang meninggalkan aktivitas olahraga.

Padahal, olahraga harus tetap dilakukan untuk menjaga kebugaran. Bagi yang terbiasa melakukan latihan di tempat kebugaran atau gym, kebiasaan ini dapat terus dilakukan saat menjalani ibadah puasa.

"Latihan di gym tetap dapat dilakukan meskipun berpuasa. Tapi, dengan intensitas yang lebih rendah," kata Achmad Syamsul Farih, Distric Fitness Manager Urban Athletes Surabaya.

Sedangkan untuk gerakannya, Achmad Syamsul Farih mengatakan, sama dengan yang dilakukan sebelum berpuasa. Biasanya dilakukan selama 60 menit, termasuk pemanasan sebelum melakukan latihan.

"Puasa dan tidak puasa yang membedakan hanya pada intensitas latihannya. Olahraga harus tetap dilakukan selama puasa agar kebugaran tetap terjaga," cetusnya.

PSBB Kedua, Petugas Check Point Bundaran Waru Temukan Bocah Bersuhu Tinggi

PT Djarum Kudus Bagikan THR Pada 48.000 Pekerjanya Secara Tepat Waktu

PMI Informasikan Covid-19 Tak Ditularkan Lewat Darah, Warga Kota Kediri Kembali Antusias Donor Darah

Achmad Syamsul Farih menambahkan, ada berbagai latihan yang bisa dipilih, ada baiknya melakukan gerakan yang manfaatnya merata kesemua otot.

"Tapi sebelum latihan, lakukan pemanasan terlebih dahulu. Bisa dengan sepeda statis, treadmill, dan sebagainya," jelasnya kepada TribunJatim.com.

Berbeda dengan di rumah, olahraga di gym bisa meningkatkan masa otot dengan penambahan beban.

"Kalau di rumah, olahraganya tanpa beban, biasanya untuk conditioning seperti pengencangan saja," urainya.

Salah satu latihan yang bisa dipilih yakni squat machine. Seperti squat pada umumnya, latihan yang satu ini berfokus pada tubuh bagian bawah.

Halaman
12
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved