Virus Corona di Jawa Timur

Kerja Sama Bantuan Pangan dengan Kabupaten/Kota Ditandatangani, Tiap KPM Terima Rp 200.000 per Bulan

Wakil Gubernur Jatim menyaksikan langsung penandatanganan perjanjian kerja sama bantuan pangan Jaring Pengaman Sosial untuk tangani dampak Covid-19.

ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak di Bakorwil Bojonegoro, Kamis (14/5/2020). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, menyaksikan langsung Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) bantuan pangan Jaring Pengaman Sosial (JPS) dalam rangka percepatan penanganan dampak Covid-19 antara Pemprov Jatim dengan kabupaten/kota di lingkup Bakorwil Bojonegoro.

Dalam acara yang digelar di Bakorwil Bojonegoro, Kamis (14/5/2020) tersebut, Emil Dardak didampingi oleh Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah.

Penandatanganan PKS tersebut dilakukan oleh Kepala Pelaksana BPBD Jawa Timur, Suban Wahyudiono, dengan kepala dinas terkait di Kabupaten Jombang, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Tuban, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Nganjuk.

Dalam sambutannya, Emil Dardak menjelaskan, nilai bantuan pangan bagi masyarakat yang ekonominya terdampak Covid-19 sebesar Rp 200.000 per Keluarga Penerima Manfaat (KPM) setiap bulan.

Bantuan tersebut diserahkan selama 3 bulan, yaitu mulai bulan Mei sampai Juli 2020.

"Program JPS ini kita salurkan melalui belanja tidak terduga kepada pemkab/pemkot di Jatim, serta mekanismenya diserahkan kelada bupati/wali kota. Penyalurannya dapat disesuaikan dengan kearifan lokal masing-masing bisa berupa sembako atau lainnya," terang Emil Dardak.

Dirut RSUD dr Soetomo: Mayoritas OTG Covid-19 di Jatim Berusia 30-39 Tahun, Positif Didominasi Pria

Klaster Pasar Kota Bojonegoro Sumbang 7 Pedagang Positif Covid-19, Total 22 Orang Terpapar Corona

Selain itu, Pemprov Jatim juga memberikan tambahan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebesar Rp 100.000 bagi masyarakat penerima BPNT Kemensos yang tinggal di wilayah kelurahan.

Bantuan ini juga diberikan selama 3 bulan mulai dari Mei hingga Juli 2020 yang akan langsung disalurkan pada KPM BPNT wilayah kelurahan yang sudah terdaftar oleh Kemensos melalui Bank Himbara.

Dalam proses penyalurannya, mantan bupati Trenggalek ini menjelaskan juga telah dikoordinasikan dengan Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara (Asdatun), tim koordinasi dan supervisi pencegahan (Korsupgah) KPK, dan bupati/wali kota di 38 kabupaten/kota di Jatim.

Halaman
12
Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved