Virus Corona di Jawa Timur

Persi Jatim Siapkan RS Non Rujukan

Sebelumnya kata Dodo di Surabaya ada rumah sakit khusus untuk ini, yakni RSKI Unair, dengan fasilitas tempat tidur 140 buah, tapi begitu dibuka langsu

TRIBUNJATIM.COM/M TAUFIK
Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin, saat mengunjungi rumah sakit rujukan pasien virus Corona (Covid-19) di Sidoarjo, Selasa (31/3/2020). 

 TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Upaya dari berbagai elemen dalam penanganan percepatan pandemi virus Corona atau Covid-19 terus dilakukan.

Salah satu garda terdepan dalam penanganan ini adalah peran serta dari rumah sakit (RS) dalam pelayanan dan peanyediaan kamar bagi pasien Covid-19.

“Ada 384 rumah sakit di Jawa Timur baik milik swasta dan milik pemerintah yaqng sudah mendapat SK dari Gubernur untuk dijadikan RS rujukan Covid-19 sudah siap menangani pasien Covid-19,” kata dr Dodo Anondo, MPH Ketua Persi Jatim , Sabtu (16/05/2020).

Sebaran kesiapan rumah sakit rujukan ini kata Dodo tidak semuanya sama karena tergantung kelas dari masing masing arumah sakit. Misalnya kelas B tentunya sudah siap dengan ruang isolasi khusus yang jumlah nya lebih banyak daripada kelas C atau kelas D.

“Kalau kelas B tentunya sudah lebih siap ruang isolasinya , sudah cukup banyak,” katanya.

Dalam penunjukkan RS rujukan ini kata Dodo tidak ada standarisasi khusus tapi ditunjuk oleh Gubernur menyesuaikan lokasinya yang menyebar di Jawa Timur.

Dalam perjalanan RS rujukan ini menambah terus ruang isolasinya agar banyak lagi jumlah pasien Covid-19 yang bisa tertampung.

Apakah siap dengan jumlah pasien terkonfirmasi positif di tambah lagi ODP dan orang tanpa gejala (OTG) yang reaktif rapid test positif untuk masuk dalam rumah sakit agar mendapat lebih intensif lagi pengawasannya.

Menurutnya di Surabaya saja sebagai contoh dengan jumlah pasien yang terus bertambah membutuhkan tambahan ruang isolasi dan tenpat karantina bagi mereka yang orang dalam pemantauan (ODP) dan orang tanpa gejala (OTG).

“Kalau ini masuk ke RS Rujukan semua jelsan tidak tertampung,” tukasnya.

Halaman
123
Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved