Polemik Laut China Selatan Memanas, Amerika Ikut 'Mencicipi', Filipina Paling Vokal, Indonesia?

Polemik di Laut China Selatan makin memanas. Amerika rupanya ingin ikut 'mencicipi' Laut China Selatan. Vietnam paling vokal. Indonesia?

Forbesimg.com via Kontan
Ilustrasi foto satelit Laut China Selatan yang dikeruk China 

Polemik di Laut China Selatan makin memanas. Amerika rupanya ingin ikut 'mencicipi' Laut China Selatan. Vietnam paling vokal. Indonesia?

TRIBUNJATIM.COM - Laut China Selatan menjadi perairan kaya sumber daya yang membuat banyak negara tergiur akan sumber daya yang disimpan di wilayah sengketa tersebut.

Pekan lalu, kapal bor West Capella yang disewa oleh perusahaan minyak nasional Malaysia, Petronas, selesai mensurvei minyak di Laut China Selatan.

Saat yang sama, kapal Angkatan Laut Amerika Gabrielle Giffords juga turut meninggalkan pangkalannya di Singapura.

Melansir Kontan dan South China Morning Post, hal tersebut adalah kali ketiga dalam beberapa pekan terakhir Amerika telah ikut hadir di perairan 'mahal' tersebut.

Kisah SBY Soal Makam Juniornya di Timor Timur, Tulisan di Pusara Bikin Para Tentara Menangis

Kehadiran Amerika ke lokasi penuh sengketa tersebut menambah ketegangan yang sudah ada antara China dan negara-negara Asia Tenggara terkait eksplorasi minyak dan penangkapan ikan.

Beijing mengklaim sebagian besar Laut China Selatan yang membentang kira-kira 1.000 mil dari pantai selatannya.

Mereka telah mengerahkan kapal survei pemerintah Tiongkok, kapal penjaga pantai dan kapal nelayan milisi untuk mempertahankan kehadiran di sana.

Sementara Beijing mengatakan kapal-kapal itu melakukan kegiatan normal, Washington menuduh Tiongkok melakukan "taktik intimidasi".

Pada tahun 2018, Vietnam - yang memiliki klaim teritorial dalam jalur air yang disengketakan bersama dengan Malaysia, Brunei dan Filipina, memilih menunda proyek pengeboran minyak oleh perusahaan Spanyol Repsol, karena tekanan China.

Halaman
1234
Editor: Januar AS
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved