Virus Corona

Terbukti Pisang Semeru Agung Bisa Atasi Masalah Nutrisi di Musim Covid-19, Kaya Pro-Vitamin A

Pisang Semeru Agung dari Kabupaten Lumajang dibuktikan oleh penelitian Universitas Ma Chung dapat atasi masalah nutrisi di tengah musim Corona.

TRIBUNJATIM.COM/AMINATUS SOFYA
Penjual pisang di Kota Malang. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Aminatus Sofya

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Penelitian Universitas Ma Chung menunjukkan Pisang Semeru Agung dari Kabupaten Lumajang memiliki kandungan pro vitamin A lebih tinggi 90 kali lipat dibanding pisang impor Cavendish.

Para peneliti yang tergabung dalam Ma Chung Research Center for Photosynthetic Pigments (MRCPP) itu menyebut Pisang Agung bisa jadi solusi mengatasi masalah nutrisi di tengah musim Corona ( Covid-19 ).

“Selain kaya akan pro-vitamin A, pisang Agung Semeru ini kaya akan nutrisi seperti asam amino, asam organik, dan gula yang dibutuhkan tubuh,” ujar peneliti MRCPP, Rosita Chandra, Selasa (20/5/2020).

Terungkap Perawat Ari Tiba di RS dalam Kondisi Kritis, Hasil Swab Positif Covid-19, Pakai Inkubasi

Postingan Terakhir Ari, Perawat Surabaya PDP yang Meninggal Banjir Ucapan Duka, Potretnya Tersenyum

Dia mengungkapkan pro vitamin A sangat dibutuhkan manusia untuk menumbuhkan dan meregenerasi sel serta jaringan tubuh yang rusak.

Bahkan vitamin A adalah salah satu barang penting untuk menunjang kinerja organ tubuh dan kekebalan.

“Kebutuhan harian seseorang mendapat asupan vitamin A dan nutrisi itu cukup dengan mengkonsumsi 150 gram pisang asal Lumajang ini,” ucapnya.

Promo Richeese Hari Ini 19 Mei 2020, Diskon 30 Persen hingga Combo Rich Burger Chicken Rp42 Ribu

Rumor Kepindahan James Rodriguez dari Stadion Santiago Bernabeu, Tinggal Selangkah Lagi?

Direktur MRCPP Tatas Brotosudarmo mengatakan pisang lokal berpotensi sebagai salah satu solusi untuk mengatasi krisis pangan di Indonesia akibat Covid-19.

Pria yang juga Wakil Ketua bidang Sains dan Kebijakan, Akademi Ilmuwan Muda Indonesia ini mengusulkan pemerintah melihat potensi biodiversitas pangan lokal untuk menghadapi krisis pangan kedepan.

“Penelitian ini memberikan landasan ilmiah bahwa Pisang Agung Semeru mampu mencukupi kebutuhan asupan vitamin dan nutrisi untuk masyarakat,” ucap Brotosudarmo.

Hasil penelitian ini, katanya, diharapkan bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mendapatkan asupan makanan yang kaya gizi dengan harga murah. Sebab ketersediaan Pisang Agung Semeru melimpah.

Penulis: Aminatus Sofya

Editor: Heftys Suud

Penulis: Aminatus Sofya
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved