Breaking News:

Aktivitas Militer China di Laut China Selatan Jadi Sorotan Raja Malaysia, Bakal Adu Kekuatan?

Raja Malaysia menyoroti aktivitas militer China di Laut China Selatan. Akankah terjadi adu kekuatan militer antar kedua negara?

Editor: Januar
Kolase Tribun Jogja dan Tribun Style
Ilustrasi Aktivitas militer di Laut China Selatan 

Raja Malaysia menyoroti aktivitas militee China di Laut China Selatan. Akankah terjadi adu kekuatan militer antar kedua negara?

TRBUNJATIM.COM - Susah memang jika militer sebuah negara dalam keadaan lesu.

Keadaan yang sedang dialami militer Malaysia saat ini, lesu karena kurang pasokan dana untuk mempersiapkan operasional mesin perangnya.

Padahal ancaman yang mereka hadapi sangatlah berbahaya, militer raksasa China.

Raja Malaysia Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah, Senin (18/5), mengatakan, Malaysia perlu memperhatikan peningkatan aktivitas oleh kekuatan besar di Laut China Selatan.

Raja menyatakan, strategi pertahanan Malaysia perlu mempertimbangkan pentingnya diplomasi pertahanan, kebijakan luar negeri yang pragmatis, perjanjian internasional, dan posisi geopolitik di kawasan Asia Pasifik.

Perubahan Drastis Petinggi Sunda Empire Rangga Sasana Saat di Tahanan, Ingin Wujudkan 1 Cita-cita

"Peningkatan aktivitas oleh kekuatan besar di Laut China Selatan baru-baru ini perlu diperhatikan," kata Raja di depan Dewan Rakyat Malaysia seperti dikutip Channelnewsasia.com.

"Oleh karena itu, Malaysia harus selalu peka terhadap domain maritim, sambil menyusun strategi yang mendukung aspirasi geopolitik kita," ujar dia.

China mengklaim sebagian besar Laut China Selatan.

Tapi, ada yang tumpang tindih dengan klaim Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Taiwan, dan Vietnam. Amerika Serikat dan sekutunya juga menentang klaim teritorial China.

Halaman
12
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved