Bank OCBC NISP Sesuaikan Biaya dan Bunga Kartu Kredit

sejak 1 Mei 2020 kemarin hingga 31 Desember 2020 mendatang, maka Bank OCBC NISP menyatakan pihaknya juga telah melakukan penyesuaian biaya dan bunga

KOMPAS
Bank OCBC NISP 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sebagai upayanya dalam mendukung kebijakan yang disampaikan oleh Bank Indonesia terkait dengan penyesuaian biaya dan bunga kartu kredit, yang dimana berlaku efektif sejak 1 Mei 2020 kemarin hingga 31 Desember 2020 mendatang, maka Bank OCBC NISP menyatakan pihaknya juga telah melakukan penyesuaian biaya dan bunga kartu kredit.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Unsecured Loan Division Head Bank OCBC NISP, Rudy Sutjiawan.

"Kami mendukung kebijakan yang disampaikan oleh Bank Indonesia terkait dengan penyesuaian biaya dan bunga kartu kredit efektif sejak 1 Mei 2020 hingga 31 Desember 2020, untuk itu kami telah menurunkan biaya dan bunga kartu kredit juga yang dimana berlaku untuk lembar penagihan yang dicetak mulai tanggal 1 Mei 2020," kata Rudy saat dikonfirmasi TribunJatim.com, Rabu (20/5/2020) di Surabaya.

Terkait rincian bukti dukungan Bank OCBC NISP terhadap kebijakan BI yang dimana tentang penyesuaian biaya dan bunga kartu kredit, yang dimana efektif sejak per 1 Mei 2020 kemarin dan berlaku hingga 31 Desember 2020 mendatang, dipaparkan dengan detail oleh Rudy sebagai berikut:

1. Biaya dan bunga untuk "batas maksimum suku bunga (bunga ritel dan bunga tarik tunai)" alami penurunan, yakni dari sebelumnya sebesar 2,25% per bulan maka kini selama masa penyesuain (1/5/2020-31/12/2020) menjadi 2% per bulan.

2. Biaya dan bunga untuk "pembayaran minimum" alami penurunan, yakni dari sebelumnya sebesar 10% maka kini selama masa penyesuain (1/5/2020-31/12/2020) menjadi 5%.

3. Biaya dan bunga untuk "biaya keterlambatan" alami penurunan, yakni dari sebelumnya sebesar 3% dari total tagihan atau maksimal Rp150.000 maka kini selama masa penyesuain (1/5/2020-31/12/2020) menjadi 1% saja dari total tagihan atau maksimal Rp100.000.

Contoh Naskah Khutbah Salat Id di Rumah, Idul Fitri 1441 H: Ramadan Mengantar Manusia Ke Fitrahnya

Dokter National Hospital Surabaya Meninggal Dunia, Istrinya Juga Kritis

Pelaku Bully Bocah Penjual Gorengan: Tolong Jangan Bully Saya Lagi Saya Sudah Tidak Kuat Tuhan

Rudy juga mengatakan, kebijakan penurunan biaya dan bunga kartu kredit yang dilakukan pihaknya itu diadakan tidak hanya karena mendukung kebijakan yang disampaikan oleh Bank Indonesia terkait dengan penyesuaian biaya dan bunga kartu kredit, namun juga karena bagian dari upaya nyata pihaknya dalam meringankan beban pengguna Kartu Kredit Bank OCBC NISP di tengah pandemi yang terjadi saat ini.

“Selain sebagai bentuk dukungan atas kebijakan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia, penyesuaian biaya dan bunga kartu kredit Bank OCBC NISP ini juga menjadi salah satu upaya nyata kami dalam meringankan beban pengguna Kartu Kredit Bank OCBC NISP di tengah pandemi yang terjadi saat ini," jelas Rudy.

Sekadar informasi, kebijakan penyesuain biaya dan bunga yang dilakukan Bank OCBC NISP tersebut mulai berlaku untuk lembar penagihan yang dicetak mulai tanggal 1 Mei 2020.

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved