Tak Hanya Bayar Iuran, Kini Bayar Denda Layanan Program JKN-KIS Bisa Juga Online Lewat Tokopedia

masyarakat bisa membayar denda layanan JKN-KIS salah satu program BPJS Kesehatan, secara lebih mudah dan cepat lewat situs atau aplikasi Tokopedia.

istimewa
Sejak kesadaran masyarakat terhadap pandemi COVID-19 meningkat, kebutuhan akan produk kesehatan dan kebutuhan pokok lain di Tokopedia melonjak signifikan. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia yang terus bertransformasi menjadi Super Ecosystem, mengumumkan bahwa masyarakat bisa membayar denda layanan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), salah satu program BPJS Kesehatan, secara lebih mudah dan cepat lewat situs atau aplikasi Tokopedia.

Sejak peluncuran layanan pembayaran iuran BPJS Kesehatan oleh Tokopedia pada tahun 2018 lalu, Tokopedia mencatatkan kenaikan jumlah bulanan pengguna yang membayar iuran sebesar hampir 2,5 kali lipat dari awal 2018 hingga akhir 2019.

Atas dasar antusiasme tersebut lah yang akhirnya mendorong Tokopedia untuk menghadirkan kemudahan baru, yaitu pembayaran denda layanan Program JKN-KIS, bahkan Tokopedia menyatakan bahwa pihaknya menjadi perusahaan teknologi pertama yang menghadirkan layanan ini.

Peduli Corona, BPJS Kesehatan akan Serahkan Data Peserta JKN-KIS Potensi Covid-19 pada Pemkot Malang

Iuran JKN-KIS Peserta Segmen PBPU dan BP Telah Disesuaikan, Mulai Mei 2020 Ada Potongan hingga 50%

Lancar Daftar Jadi Peserta BPJS Kesehatan Tanpa Antre, Yuk Download Mobile JKN: Manfaatnya Banyak!

Hal tersebut dikatakan langsung oleh COO Tokopedia, Melissa Siska Juminto.

“Kami terus mendukung upaya pemerintah membantu masyarakat dalam hal pelayanan kesehatan, satu diantaranya dengan menghadirkan kemudahan dalam membayar denda layanan Program JKN-KIS ini," kata Melissa Siska Juminto saat dikonfirmasi TribunJatim.com, Kamis (21/5/2020).

Dengan adanya layanan bayar denda program JKN-KIS yang bisa lewat Tokopedia itu, lebih lanjut Melissa mengatakan, bahwa pihaknya berharap, terutama masyarakat sebagai peserta yang mengalami keterlambatan dalam membayar iuran namun harus menjalani rawat inap, bisa semakin terbantu dalam membayar denda layanan Program JKN-KIS.

Sementara Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan, Kemal Imam Santoso mengungkapkan bahwa pihaknya menyambut baik terkait adanya kerja sama dengan Tokopedia atas hadirnya layanan tersebut.

“Kami mengapresiasi langkah Tokopedia untuk memberikan kemudahan dan kecepatan kepada masyarakat dalam pembayaran denda layanan Program JKN-KIS, karena apabila denda layanan ini sudah dibayar dengan cepat maka peserta akan lebih mudah mendapatkan layanan rawat inap.” kata Kemal.

Selain kemudahan dalam membayar denda layanan Program JKN-KIS (https://www.tokopedia.com/tagihan/bpjs-denda/), Kemal juga mengatakan, masyarakat juga dapat mendaftarkan pembayaran iuran secara autodebet di situs dan aplikasi Tokopedia, yakni melalui fitur Langganan (https://www.tokopedia.com/langganan), hal ini pihaknya adakan juga, sebab per 1 September 2020 mendatang, pihaknya telah menetapkan aturan baru untuk peserta pekerja bukan penerima upah atau mandiri, yang dimana aturannya terkait wajib membayar iuran secara autodebet.

"Kemudahan pembayaran autodebet tersebut juga kami adakan karena bertujuan untuk membantu masyarakat agar dapat terus membayar iuran BPJS Kesehatan secara tepat waktu, sehingga dapat menikmati pelayanan kesehatan secara optimal," tambahnya.

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved